Pemkab Tanggamus Tandatangani Komitmen Bersama Dukung Program Desa Berjaya

Pemkab Tanggamus Tandatangani Komitmen Bersama Dukung Program Desa Berjaya

Bandar Lampung -- Pemkab Tanggamus yang diwakili Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, menghadiri dan melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten di Provinsi Lampung Dalam Mendukung Program Desa Berjaya, di Grand Ballroom Swiss Bellhotel, Bandarlampung, Rabu (23/12/2020).

Gubernur Lampung yang diwakili Sekdaprov Fahrizal Darminto, dalam sambutannya meminta agar dilakukan inovasi kebijakan dalam mengimplementasikan agenda kerja utama, serta memperkuat kerjasama berbagai pihak dalam pembangunan desa. Melalui upaya yang memperkuat fungsi koordinasi, sinergitas dan penyelarasan program pembangunan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Desa.

"Untuk menjadikan desa-desa di Provinsi Lampung menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera, setidaknya mencakup beberapa hal yang menjadi komitmen, yaitu pengentasan Desa tertinggal, smart village, pengembangan kawasan perdesaan berdasarkan potensi desa dan pengembangan kawasan transmigrasi."

"Keempat cakupan tersebut Pemprov Lampung menamakannya dalam rumusan Program Desa Berjaya yang sangat disadari membutuhkan komitmen, dukungan dan kerjasama konstruktif dalam implementasinya, terutama dari pemerintah Kabupaten se Provinsi Lampung. Apabila desa maju, mandiri dan sejahtera, maka Kabupaten, Provinsi, Bangsa/Negara otomatis menjadi Bangsa yang berjaya," ujarnya.

Fahrizal menerangkan, jika ditinjau kewilayahannya, 91 persen wilayah Indonesia secara administratif berada di desa, dan warga yang berdomisili di desa mencapai 43 persen. 

"Hal ini menunjukkan membangun desa diyakini memiliki daya ungkit yang berarti terhadap kemajuan suatu wilayah."

"Maka kita semua, baik di perkotaan di semua 15 Kabupaten/Kota agar terus berusaha untuk memajukannya, khususnya di pedesaan, agar lebih maju sejahtera menuju Lampung Berjaya," pungkasnya.

Terpisah Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis menyatakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan berkomitmen dalam mendukung Program Desa Berjaya yang dicanangkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. 

"Pembangunan dan pemberdayaan desa, yang mana cakupan program Desa Berjaya ini juga selaras dengan kebutuhan dan kepentingan Pemerintah, baik ditingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, maupun Desa."

"Intinya pembangunan harus diawali dari tingkat desa. Desanya maju masyarakatnya juga akan sejahtera," pungkas Sekda.

Turut mendampingi Sekdakab, Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin, Kepala Dinas PMD Idham Khalid, Kepala Bappelitbangda Hendra Wijaya Mega, dan Kepala Dinas Dukcapil Maradona. (saripudin/kurdianto/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Tanggamus Tandatangani Komitmen Bersama Dukung Program Desa Berjaya"

Posting Komentar