Bupati Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah Secara Virtual oleh Presiden RI Joko Widodo
Lapax Theme

Bupati Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah Secara Virtual oleh Presiden RI Joko Widodo

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Faturahman dan Kepala BPN Tanggamus Rudy Prihantoro, mengikuti secara virtual kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat se Indonesia "Untuk Indonesia Maju," oleh Presiden RI Joko Widodo, di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (5/01/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala BPN Lampung, para Bupati/Wali Kota se Lampung.

Presiden RI Joko Widodo, dalam sambutannya menyampaikan Penyerahan Sertifikat ini diberikan untuk 50.847 di 26 Provinsi dan di 273 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Tujuan diberikannya sertifikat Ini kepada masyarakat adalah untuk mencegah adanya pemberantasan mafia tanah dan untuk menciptakan suasana yang kondusif ditengah masyarakat serta memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi pemegang sertifikat.

"Dengan sertifikat ini, Bapak Ibu semuanya bisa memakai untuk kolateral untuk jaminan ke Bank kalau ingin meminjam uang dari bank untuk usaha. Tapi sebelum meminjam ke bank tolong dikalkulasi tolong dihitung hati- hati bisa kembalikan tidak, bisa menjeda bisa mengangsur nggak, karena kalau tidak justru sertifikat akan hilang. Jadi hati-hati kalau sudah hitungannya masuk keuntungan bisa mencicil, bisa mengangsur, silahkan ambil. Kalau memang ini ada bisa dipakai atau jaminan ke perbankan atau lembaga-lembaga keuangan yang ada," jelas Presiden Jokowi.

Kemudian terkait penanganan Covid-19 di Indonesia, Presiden menyampaikan bahwa pekan depan akan dikirim 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproduksi oleh farmasi hingga juga langsung nanti jadi kirim ke daerah.

"Untuk vaksinasi yang pertama memang prioritasnya di tenaga kesehatan, dokter perawat yang ada di rumah sakit. Kedua nanti TNI Polri dan juga Guru dan langsung juga untuk masyarakat. Kita berharap dengan dimulainya vaksinasi ini kita akan bisa menangani dan mengendalikan Covid 19."

"Meskipun vaksinasi minggu depan sudah dimulai, saya minta untuk tetap kita waspada, tidak lengah disiplin terhadap kesehatan, pakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, tidak ke tempat-tempat kerumunan dan jaga jarak. Semoga Indonesia cepat kembali pulih dan wabah virus Corona Covid 19 ini cepat berlalu," tandasnya.

Terpisah Bupati Hj. Dewi Handajani menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo, atas telah dicanangkannya Program PTSL yang telah menjangkau dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

"Terima kasih juga kepada Kepala BPN Tanggamus beserta jajaran serta semua pihak yang telah mensukseskan program ini di Kabupaten Tanggamus," pungkas Bupati.

Sementara Kepala BPN ATR Tanggamus Rudi Prihantoro, menerangkan bahwa untuk di Kabupaten Tanggamus semula ditargetkan 15.000 sertifikat tanah, namun dikarenakan adanya refocusing anggaran, maka menjadi 13.000 sertifikat, dan di tahun 2021 ditargetkan 19.400 sertifikat.

"Sertifikat ini (tahun 2020) akan kita bagikan mulai Januari di tahun 2021 ini. Sementara untuk Kecamatan Pematangsawa, Wonosobo, BNS dan Kecamatan Ulubelu, serta dari perwakilan 20 Kecamatan yang ada di Tanggamus yang belum tercover dan belum sempat dibagikan di Tahun 2020 yang lalu," terangnya. 
(saripudin/Kurdianto/apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah Secara Virtual oleh Presiden RI Joko Widodo"

Posting Komentar