Masyarakat Talangpadang Memohon Agar GSG SKW Segera Diperbaiki

Iklan

Masyarakat Talangpadang Memohon Agar GSG SKW Segera Diperbaiki

Redaksi
Rabu, Maret 24, 2021 | 22:06 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-24T15:08:05Z

Tanggamus Suaralampung.com.- Talangpadang. 
Gedung Serba Guna (GSG) Sasana Karya Wibawa (SKW) yang berada di pekon/desa Talangpadang kecamatan Talangpadang kabupaten Tanggamus Lampung. Diduga tidak terawat lagi. Terkait hal itu Kepala Pekon(Kakon) pekon Talangpadang, Fahrizal Saleh, mengatakan.

"Mengenai GSG saya selaku Kakon dipinitif yang baru, sekarang ini  sepengetahuan saya gedung itu masih berguna masih difungsikan oleh sebagian masyarakat, nanti kedepannya akan lebih baik artinya perlu pembenahan, mungkin untuk saat ini di 2021, belum bisa kita anggarkan karena situasi masih baru dan seiring kondisi saat ini pandemi covid-19, terang Kakon.
  
Kemudian gedung itu lanjutnya, pembangunan GSG dulunya dari hasil swadaya masyarakat pada saat itu masih jamannya (Orde Baru) pada waktu Maliki Muktar sebagai camat Talangpadang ini masih bergabung beberapa kecamatan sebelum ada pemekaran wilayahnya meliputi desa-desa yang ada di Gisting, Gunung Alip sekarang telah menjadi kecamatan dimana kita masih berada di kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus belum lahir pada saat itu. Kebetulan GSG tersebut terletak di pekon Talangpadang. Nah" untuk saat ini perawatan dan pengurusan di kecamatan dari kecamatan dilimpahkan ke pekon Talangpadang, artinya pekon Talangpadang yang mengawasi merawat gedung tersebut, makanya ini kedepan kami akan koordinasi dulu, dengan camat Talangpadang dan beberapa kecamatan ini dulu sebelum pemekaran yang sipatnya sefesipik, kalau itu memang sudah dilimpahkan ke pekon Talangpadang kita akan perbaiki karena itu swadaya,"ujrnya, saat ditemui dirung kerjanya,"Rabu(24/3/2021). 

Kemudian pada hari itu juga, awak media sekira jam 10.45 langsung menuju Kantor Kecamatan Talangpadang untuk konfirmasi mengenai gedung tersebut, namun Pk Camat sedang tidak di kantor, barusan keluar "ungkap salah seorang pegawai di meja penyambut tamu di kantor kecamatan tersebut,"Rabu(24/3/2021) 


Sebelum berita ini diterbitkan jauh sebelumnya, saya sebagai wartawan telah melihat langsung kondisi GSG SKW tersebut.
Sebagai mana diungkapkan sebelumnya, oleh masyarakat yang sedang mengendarai sepeda motor berboncengan, yang kebetulan melintas saat gedung di poto oleh wartawan ini, mereka pun berhenti sejenak tertegun, lantas mereka menuturkan.

"Kami sering menyebut bangunan itu, Gedung Serba Guna (GSG) bentuknya yang unik  melingkar nyaris bundar dulunya gedung paling megah jadi kebanggaan masyarakat Talangpadang, disini pula tempat segala kegiatan lomba pentas seni budaya, meeting dan lainnya baik dari instansi pemerintah, maupun kegiatan kampanye oleh partai, bahkan masyarakat menyewanya untuk acara pernikahan.
Karena letaknya setrategis dekat jalan raya juga dekat masjid, serta ditepi jalan lingkar luar pasar Talang Padang, gedung banyak menyimpan sejarah. Tapi kini kondisinya sungguh malang, terenyuh hati kami memadangnya,seperti gedung tua yang tidak terawat dan diurus lagi oleh pihak berwenang, seperti tidak bertuan.

 Sehingga pintu utama dan jendela-jendelanya hancur  kaca-kacanya pada pecah semua bahkan sebagian pagar tembok depannya dirambati rumput liar jadi semak belukar penuh sampah, dan sebagian pagar tembok juga sudah terpotong  hancur terbawa longsor akibat air parit yang mengalir deras dibawahnya,. 

Untungnya ada pasar dini hari disekitar gedung itu jadi ramai, kalo gak ada pasar jadi seram dan takut saat malam lewat didepan gedung itu  harapan kami semoga cepat diperbaiki dan bila perlu direnovasi oleh pemerintah dan pihak terkait seperti sediakala megah indah selalu terawat dan ada yang mengurusnya yang menepati rumah disebelahnya, biar jelas bapak liat sendiri aja,"kata mereka berdua yang tak ingin namanya dicantumkan,"Selasa (9/3/2021).

Setelah dicek serta mempotonya oleh awak media ini. Kondisi bangunan gedung tersebut sama persis yang telah diceritakan oleh mereka berdua tadi bahkan plafon sudah banyak yang terkoyak dititik-titik tertentu. Kendati demikian masih terlihat anak-anak bermain sepak bola (putsal)  terdapat pula lapangan bulu tangkis persis ditengah gedung, pada saat itu juga, didalam gedung ada 3 orang mahasiswi KKN mempersiapkan Sound System' untuk mengadakan lomba kegiatan pekon,"kata mereka.

Masih dilokasi gedung kami minta keterangan dari salah satu pedagang disana.

"Ooo ini saya kira sih harapan saya sih tetep jadi pasar karena mata pencarian kami disini mulai buka jam 1, dini hari sampai jam 8 pagi ini pasarnya pedagang khusus sayuran mereka beli disini untuk dijual kembali baik dirumah dipasar Talang Padang dan sebagian besar tukang sayur keliling, jadi masalah yang lain-lain sih saya gak memahami pak, apalagi mengenai posisi gedung ini milik siapa. Namun setau saya setelah  kesini disini  udah jadi pasar, saya baru satu tahun disini, sementara sih masih difungsikan oleh masyarakat paginya anak-anak sekolah  malamnya anak-anak main batmingthon, menurut saya sih masih dipungsikan tapi hanya sayangnya tidak terurus dan terawat coba bapak ke kantor pekon dan kecamatan Talang Padang, siapa tau disana bertemu pengerus hariannya,"tutur,Pk Zul nara sumber yang berhasil ditemui dilokasi,"Selasa 9 Maret 2021. (Azh/tim)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masyarakat Talangpadang Memohon Agar GSG SKW Segera Diperbaiki

Trending Now

Iklan

iklan