Kurang Gizi dan Derita Epilepsi, Seorang Pria di Tanggamus Enam Tahun Terbaring Lemah

Iklan

Kurang Gizi dan Derita Epilepsi, Seorang Pria di Tanggamus Enam Tahun Terbaring Lemah

Redaksi
Senin, Juni 07, 2021 | 22:02 WIB 0 Views Last Updated 2021-06-07T15:02:29Z

Tanggamus Suaralampung.com.Semaka - Seorang Warga Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Tanggamus bernama Daiman (26) mengundang iba dengan kondisi tubuh tinggal tulang dibalut kulit akibat kurangnya asupan gizi.

Ia hanya bisa terbaring tidak berdaya sejak tahun 2015, tubuhnya tergolek lunglai selama enam tahun akibat epilepsi atau sakit ayan yang di deritanya. Kondisi nya begitu memprihatinkan karena tidak pernah mendapatkan pengobatan.

Kini, pria tersebut menghabiskan waktu dengan kepasrahan. Nyaris tiada gerak dan tanpa kehendak, hanya di atas sebilah  ranjang kayu yang mulai lapuk tanpa alas kasur sedikitpun.

Keluarga Daiman tergolong warga miskin. Orangtuanya buruh tani sepuh dengan penghasilan tidak menentu. Sekadar memenuhi kebutuhan makanpun masih susah. Tak heran jika penderita epilepsi tersebut tidak terurus dengan baik.

Keluarga Daiman berharap perhatian Pemkab Tanggamus atau Dinas Kesehatan dengan memberikan bantuan pengobatan dan fasilitas kesehatan. Dukungan pengobatan sudah mendesak karena kondisi Daiman makin memburuk karena kurangnya asupan gizi.

Menurut Pawit selaku kakak Daiman,  keterbatasan ekonomi membuat keluarga tidak mampu membawa berobat. Selama enam tahun berjalan, Daiman belum pernah dibawa ke dokter atau rumah sakit. Adiknya hanya sekali diperiksa puskesmas dengan bantuan biaya dari kerabat.

"Daiman mulai sakit  tahun 2010 saat itu berusia 15 tahun, saat dia di vonis penderita epilepsi  keluarga hanya bisa mbawa berobat ke puskesmas," kata  Pawit, 7 Juni 2021 di kediamannya.

Ia pun menambahkan bahwa Daiman tinggal bersama ibunya dalam satu rumah, untuk makan dan membersihkan badan dia tidak bisa sendiri, semua di urusi ibunya setiap hati.

"Kami selaku keluarga hanya pasrah dengan kondisi adik saya begitu, habis mau gimana lagi untuk kebutuhan sehari-hari hanya pas-pasan buat makan, dalam hati sebenernya pingin membawa adik berobat kerumah sakit biar sembuh," tandasnya.(Saripudin/Apriadi/Kurdianto/Azh) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kurang Gizi dan Derita Epilepsi, Seorang Pria di Tanggamus Enam Tahun Terbaring Lemah

Trending Now

Iklan

iklan