Gubernur Lampung Meraih Piagam Penghargaan Bidang Ketenagakerjaan Paramakarya

Iklan

Gubernur Lampung Meraih Piagam Penghargaan Bidang Ketenagakerjaan Paramakarya

Redaksi
Kamis, November 18, 2021 | 23:08 WIB 0 Views Last Updated 2021-11-18T16:08:38Z

Suaralampung.com, Bandarlampung -

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima Piagam Penghargaan Pembinaan Produktivitas Paramakarya 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Penghargaan tersebut diterima Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dari Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis. 

Gubernur Arinal Djunaidi menerima Penghargaan Produktivitas Paramakarya 2021, karena dinilai berhasil memberikan dukungan dan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan di Provinsi Lampung.

Atas binaan dari Gubernur Lampung, pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan di Provinsi Lampung berhasil meningkatkan produktivitas dan inovasi dalam mengembangkan produk, sehingga memberikan nilai tambah dan daya saing.

Di hadapan beberapa jurnalis seusai acara penganugerahan, Gubernur Arinal menjelaskan, Provinsi Lampung mendapatkan Penghargaan Paramakarya 2021 karena dari sisi ketenagakerjaan, Lampung termasuk provinsi yang dinilai berhasil dalam menelurkan berbagai inovasi dan peningkatan produktivitas.

"Hari ini saya mendapatkan penghargaan ini karena kebutuhan, lalu pemasaran sekaligus kesiapan tenaga kerjanya seimbang dan dapat berjalan, sehingga ekonomi Lampung dapat tumbuh positif," ujar Arinal pula.

Pada sisi lain, ia juga menguraikan berbagai perkembangan di sektor pertanian yang digerakkan oleh Program Kartu Petani Berjaya (KPB) hingga pengembangan UMKM di Provinsi Lampung.

Pengembangan UMKM dimaksud di antaranya dengan merencanakan membangun sentra UMKM pada kawasan Wisata Terpadu Bakauheni (Bakauheni Harbour City) dan sekitar Bandarlampung.

Gubernur Arinal Djunaidi menambahkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah pusat atas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam pembinaan tenaga kerja, peningkatan daya saing dan produktivitas pelaku usaha di Provinsi Lampung.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah dalam sambutannya mengatakan Paramakarya adalah penganugerahan tertinggi kepada perusahaan berdasarkan unsur produktivitas tingkat nasional yang diberikan Presiden RI melalui Kemenaker dan digelar setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil sejak tahun 1994.

Penyelenggaraan Penganugerahan Paramakarya 2021 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-11.Pada kesempatan yang sama Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada perusahaan-perusahaan dan pemerintah daerah atas perolehan Penghargaan Paramakarya 2021.

Wapres meyakini, penentuan penganugerahan ini berdasarkan penilaian yang sahih. Elemen-elemen penilaian menggunakan Malcolm Baldrige Criteria, seperti kepemimpinan; perencanaan strategis; fokus pada sumber daya manusia; fokus pada pelanggan; data, informasi dan analisis; manajemen proses; dan hasil usaha merupakan elemen penting yang perlu diukur. 

Selanjutnya Wapres mengatakan, melalui pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah, Kemenaker ingin meyakinkan semua pihak bahwa peningkatan produktivitas berjalan seiring atau simultan dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi, termasuk di dalamnya penurunan angka pengangguran serta peningkatan kualitas keselamatan dan kesehatan kerja (K3). 

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada 34 perusahaan yang berhak mendapatkan anugerah Paramakarya dan pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota) yang telah menyumbang peningkatan produktivitas. Anda semua telah menyumbang peningkatan angka produktivitas nasional," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Selain itu, trofi dan Piagam Penghargaan Paramakarya 2021 juga diberikan kepada CV Ratu Luwak di Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat dengan kualifikasi Pemimpin Baru.Pemillik CV Ratu Luwak Syafri mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Barat atas pembinaan yang telah dilakukan, sehingga dapat meraih penghargaan ini. (Ant)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Lampung Meraih Piagam Penghargaan Bidang Ketenagakerjaan Paramakarya

Trending Now

Iklan

iklan