Menyambut Hari Santri Nasional Ke-7, PCNU Bandarlampung Akan Adakan Jalan Sehat Sarungan

Iklan

Menyambut Hari Santri Nasional Ke-7, PCNU Bandarlampung Akan Adakan Jalan Sehat Sarungan

Redaksi
Rabu, September 28, 2022 | 19:13 WIB 0 Views Last Updated 2022-09-28T12:13:19Z

Suaralampung.com Bandarlampung - Menyambut Hari Santri Nasional yang Ke 7, Pengurus Cabang Nadlatul Ulama ( PCNU ) Kota Bandarlampung, akan mengadakan serangkaian agenda kegiatan jalan Sehat dengan. Kostum memakai sarung,


"Kita akan mengadakan kegiatan ini dengan peserta terbuka untuk umum, baik dari kalangan santriwan santriwati dari pondok pesantren, dari para Jamaah Masjid, maupun dari Perkumpulan majelis majelis Taklim bahkan boleh dari perorangan, sehingga Hari santri dapat dirasakan bersama, karena ini bukan  untuk Santri sahaja tetapi untuk kita semua bangsa Indonesia " Terang  Ichwan Adji Wibowo Yang Kembali memimpin Nadhlatul Ulama Kota Bandarlampung di periode kedua ini. 


Hari Santri Nasional ( HSN ) yang ditetapkan oleh Presiden pada Setiap Tanggal 22 October, dengan Keputusan  Presiden ( Kepres ) nomor : 22 Tahun 2015, tentu dilandasi oleh Peran para Ulama dan Santri pada Jaman  Perjuang dan Mempertahankan Kemerdekaan Tanah Air tercinta Republik Indonesia dari Pejajahan, penghisap darah Ibu Pertiwi. 


Kala dekade Jaman Perjuangan Kemerdekaan KH.. Hasyim Asy'ari Pendiri Nadlatul Ulama, yang juga telah ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional, memimpin, merumuskan dan memproklamirkan Resolusi Jihad pada kaum Santri dan Rakyat Indonesia untuk melawan para penjajah dari Bangsa Belanda di dekade ke 2 Penjajahan Belanda dan Fatwa Resolusi Jihad ini membakar semangat kaum Nadhiyin berkobar untuk berjuang jiwa raga demi Kemerdekaan Tanah air NKRI, dan hal ini menjadi salah satu dasar Kepres Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. 


Menurut rencana ada beberapa agenda kegiatan Pengurus Cabang Nadlatul Ulama Kota Bandarlampung, yang bersifat isidental selain Jalan Sehat memakai Sarung pada Hari Santri Nasional yang ke 7 Tahun.,    " Seluruh peserta menggunakan Sarung, baik peserta laki laki maupun wanita, acara ini insyaa Allah akan dilaksanakan 1 Minggu atau pada minggu yang sama setelah berlangsungnya upacara Peringatan Hari Santi Nasional yang melibatkan pondok pesantren dan stackholder lainnya pada Tanggal 22 Oktober 2022 " Jelas Ichwan Aji yang merupakan Camat Kecamatan Telukbetung Selatan. 


"Kita juga akan melakukan Seleksi Duta Santri tingkat Kota, dengan peserta Lomba Duta Santri dari pondok pondok pesantren, dan ini ada fase karantina bagi pesertanya, guna mendapatkan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan, NKRI, Fiqih dan lainnya terkait dengan Nahdlatul Ulama, untuk kita uji peserta guna menentukan yang terbaik dari yang baik. " Imbuh Ichwan pada jurnalis suaralampung. 


Semua acara dimaksud berkolaborasi dengan pondok pondok pesantren, pemerintah Kota Bandarlampung, stakeholders dan di dukung oleh PWNU Lampung serta ide gagasan acara ini tumbuh kembang berasal dari PCNU Kota Bandarlampung, 


"Kegiatan Ini yang ke 2 kami lakukan, yang pertama  kegiatan dilakukan sebelum wabah Covid 19, kemudian terhenti akibat Pademi Covid, faa insyaa Allah yang ke 2 ini dapat berjalan sesuai rencana. dan ada kesediaan waktu Ibu Walikota Bunda Eva untuk menjadi pemimpin upacara di Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022, jika tak ada aral melintang dipusatkan di lapangan Merah Enggal" Tambah Ichwan Aji dengan nada datar. 


Melansir situs Kemenag RI. Dalam Rangka Peringatan Hari Santri National, Kementerian Agama Kembali akan mengelar serangkaian acara, Hari Santri yang Lounchingnya akan dipusatkan di Kampus Universitas Islam Negeri ( UIN ) KH. Abdurrahman Wahid, Pekalongan, dengan dimeriahkan pentas musik dan Sholawat. (Joe@nda, bdl) 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menyambut Hari Santri Nasional Ke-7, PCNU Bandarlampung Akan Adakan Jalan Sehat Sarungan

Trending Now

Iklan

iklan