Warga Pringsewu dan Sekitarnya Membludak Kunjungi Acara Nggruput Setiap Minggu Pagi

Iklan

Warga Pringsewu dan Sekitarnya Membludak Kunjungi Acara Nggruput Setiap Minggu Pagi

Redaksi
Senin, Desember 26, 2022 | 07:19 WIB 0 Views Last Updated 2022-12-26T00:32:07Z
Wisata Kuliner Nggruput Pringsewu

SuaraLampung.Com, PRINGSEWU - Minggu Mruput atau lebih akrab ditelinga masyarakat dengan Nggruput merupakan icon Wisata Kuliner Tradisional di Kabupaten Pringsewu yang berlokasi di Jalur dua Perkantoran Pemda Pringsewu. Istilah Nggruput sendiri merupakan singkatan dari Minggu Mruput (bahasa Jawa) yang berarti Minggu Pagi-pagi selaras dengan jam tayang Nggruput yang dimulai pukul 6-10 pagi saja.

Menurut Sudar Elcostic Ketua Komunitas Nggruput Pringsewu Nggruput berawal dari diadakanya Festival Jajanan dan Permainan Tradisional yang diadakan pada 1 Oktober 2017 silam. "Awalnya dulu Festival Jajanan dan Permainan Tradisional yang diadakan hanya sekali saja, tapi respon masyarakat Pringsewu luar biasa sehingga menyarankan untuk mengadakan kegiatan ini setiap Minggu pagi dilokasi yang sama" Tuturnya, pada Jurnalis SuaraLampung.Com pada Minggu, 25 Desember 2022.

Ramai Penggunjung Nggruput


Sudar Elcostic juga menambahkan Komunitas Nggruput terdiri dari 30an Lebih Panitia, 85 Pedagang, dan lebih dari 250 menu kuliner yang berbeda setiap pedagang. Menu kuliner tersebut juga telah lolos Pemeriksaan BPOM Lampung 4 Kali jadi yakin kuliner di Nggruput aman dari bahan berbahaya.

Menurut Anjakesuma salah satu Panitia Nggruput mengungkapkan Dulu sewaktu merintis Nggruput sangat sulit untuk meyakinkan para pedagang untuk berjualan disini namun setelah ramai banyak pedagang yang mau masuk Nggruput. "Dulu kami sangat sulit mencari pedagang katanya siapa yang mau beli disana itu sepi, dari 30an pedagang hanya 17 yang hadir dan sebelum mulai acara saja semua dagangan sudah ludes habis dibeli pengunjung yang tumpah ruah, setelah booming baru pada rebutan masuk dagang di nggruput" Ujarnya sambil menikmati sarapan duduk lesehan disalah satu pedagang Nggruput.

Jurnalis Biro Tanggamus

Masih menurut Anja sapaan akrab Youtuber Pringsewu ini semoga Nggruput tetap eksis dan terus membahagiakan Masyarakat Pringsewu dan Sekitarnya, karena disini kita bisa berkumpul bersama seluruh lapisan masyarakat, bahagia bersama, jajan sambil menikmati kuliner tradisional yang lengkap dalam satu tempat dengan suasana sejuk pepohonan dan view sawah yang hijau. Nggruput juga bekerjasama dengan para pemuda Karang Taruna setempat untuk menertibkan parkir dan kebersihan setelah Nggruput selesai.

Selain dari Pringsewu masyarakat dari luar Pringsewu pun banyak berdatangan dari Bandar Lampung, Pesawaran, Natar, Tanggamus, dan dari Kabupaten lainya, ada juga yang dari luar kota yang sengaja ingin datang ke Nggruput. Disini kita juga bisa ikut senam pagi bersama para instruktur senam serta menikmati hiburan kesenian seperti Jaranan maupun atraksi pencak silat di panggung Nggruput dan bisa juga bernyanyi Karaoke usai senam pagi.


Sebagai destinasi Wisata Kuliner di Pringsewu eksistensi Nggruput tentunya perlu didukung dari semua lapisan masyarakat dan tentunya Pemda Pringsewu agar Nggruput lebih baik dari segi fasilitas dan kenyamanannya karena lokasi Nggruput tepat berada di jalan Jalur dua perkantoran Pemda Pringsewu.


Tim liputan Biro Tanggamus 

(Azhimi/Saripudin/Apriadi).

Link Terkait NGGRUPUT :

https://www.sltv.co.id/2022/01/liputan-spesial-nggruput-minggu-meruput.html

Video Youtube :

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Pringsewu dan Sekitarnya Membludak Kunjungi Acara Nggruput Setiap Minggu Pagi

Trending Now

Iklan

iklan