Kemenkumham Babel Gelar Sosialisasi Program Imigrasi Corner di Bangka Selatan

Iklan

Kemenkumham Babel Gelar Sosialisasi Program Imigrasi Corner di Bangka Selatan

Senin, Januari 15, 2024 | 21:19 WIB 0 Views Last Updated 2024-01-15T14:19:21Z

Suaralampung.com, Bangka Selatan— Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Doni Alfisyahrin, menggelar sosialisasi inovasi Imigrasi Corner kepada jajaran Kecamatan dan Desa di wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Senin (15/01/2024).

Kadivmin mengatakan bahwa pihaknya telah menyosialisasikan inovasi Imigrasi Corner kepada jajaran Kecamatan dan Desa di wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Jumat lalu. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Ruang Rapat Bappelitbangda Kabupaten Bangka Selatan. 

Rencana dibentuknya Imigrasi Corner di Kecamatan dan Desa merupakan bentuk kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dengan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang keimigrasian. 

Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin dan Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Darori ketika jadi narasumber menyampaikan Imigrasi Corner di Desa/ Kecamatan disingkat Icon Desa bertujuan untuk mengoptimalkan komunikasi dan informasi terkait layanan keimigrasian.

Doni menuturkan jika nantinya Desa dijadikan agen literasi keimigrasian, yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dan mengikut sertakan aparat Kecamatan dan Desa sebagai mitra.

Dengan adanya Imigrasi Corner, diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui informasi dan produk keimigrasian, dan juga memudahkan dalam mengurus masalah keimigrasian. "Serta dapat membantu tim Imigrasi Kemenkumham Babel dalam mendata Warga Negara Asing (WNA) yang ada di wilayahnya," tutur Doni.

Respon positif dari pimpinan Kabupaten Bangka Selatan disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto yang mendorong agar pembentukan Imigrasi Corner di Kabupaten Bangka Selatan segera terlaksana.

Peserta sosialisasi yang terdiri dari perangkat Kecamatan dan Desa antusias menanggapi rencana pembentukan Imigrasi Corner. Hal tersebut terbukti dengan pernyataan kesiapan mereka menjadi Agen Literasi Imigrasi Corner.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kecamatan Toboali dan Desa Air Bara yang ditunjuk sebagai pilot project pembentukan Imigrasi Corner di wilayah Bangka Selatan. Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengatakan pihaknya akan berusaha mendekatkan layanan Kemenkumham kepada masyarakat.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemenkumham Babel Gelar Sosialisasi Program Imigrasi Corner di Bangka Selatan

Trending Now

Iklan

iklan