Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda Lakukan Peresmian dan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi di Desa Bumi Daya Lampung Selatan

Iklan

Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda Lakukan Peresmian dan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi di Desa Bumi Daya Lampung Selatan

Selasa, Maret 05, 2024 | 14:25 WIB 0 Views Last Updated 2024-03-05T07:37:19Z

Suaralampung.com, Kalianda-  Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda melakukan Peresmian dan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi yang digelar di Aula Kantor Desa Bumi Daya dengan tema "Mewujudkan kesadaran hukum dan ketaatan masyarakat terhadap peraturan keimigrasian" pada, Selasa 05 Maret 2024.

Kasubsi TI Inteldakim Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda, Haryo Sampurno selaku narasumber pada sosialisasi ini memberikan materi terkait fungsi desa binaan Imigrasi, Petugas Imigrasi Pembina Desa (Pimpasa). "Adapun Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda menjadikan Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan sebagai Desa Binaan Imigrasi," tuturnya.

Haryo menambahkan, Desa Bumi Daya dipilih sebagai Desa Binaan Keimigrasian karena di desa tersebut termasuk salah satu desa di Kabupaten Lampung Selatan yang memiliki banyak purna PMI dan di sana juga sudah terdapat posko dari BP3MI. 

"Iya yang mana kita bisa saling berkoordinasi dan berkomunikasi terkait informasi-informasi terkait peraturan keimigrasian itu sendiri, atau pun informasi terkait masyarakat desa yang ingin bekerja di luar negeri bisa mendapat informasi valid/terpercaya dari teman-teman BP3MI," kata Kasubsi TI Inteldakim.

Kedepannya, tindak lanjut dari pembentukan desa binaan keimigrasian ini ada nya PIMPASA (Petugas Imigrasi Pembina Desa), yang bertugas memberikan pemahaman informasi terkait keimigrasian bagi petugas di desa dan masyarakat yang mana lokasi rumah mereka jauh dari kantor Imigrasi. Sehingga masyarakat hanya tinggal datang ke kantor desa untuk mendapatkan informasi dan pemahaman terkait keimigrasian.

Manfaat program desa binaan Imigrasi serta informasi tentang Keimigrasian kepada tamu undangan yang terdiri dari Kepala Desa Bumi Daya, Dudi Hermana, lalu Perangkat Desa, Babinsa dan Babhinkamtibmas Desa Bumi Daya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta perwakilan guru dan siswa SMK PGRI Bumi Daya.

Setelah dilaksanakan sosialisasi, acara dilanjutkan dengan peresmian ruang sekretariat Desa Binaan Imigrasi yang terletak di Balai Desa Bumi Daya. Peresmian ruang sekretariat Desa Binaan Imigrasi dilaksanakan oleh Camat Palas dan Kepala Kantor Imigrasi Kalianda yang diwakili Kasubsi TI Inteldakim.

Camat Palas Ns. Rosalina sangat mengapresiasi terhadap program Desa Binaan Imigrasi dan berharap Sekretariat Desa Binaan Imigrasi yang telah diresmikan dapat memberikan manfaat kepada Masyarakat desa Bumi Daya. Peresmian dan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi Kalianda berlangsung lancar dan aman.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda Lakukan Peresmian dan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi di Desa Bumi Daya Lampung Selatan

Trending Now

Iklan

iklan