Deteksi Dini gangguan Kamtib Jelang Hari Raya Idul Fitri, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Gandeng Tim BNNK dan Cobra Polres Belitung Sisir Blok Hunian

Iklan

Deteksi Dini gangguan Kamtib Jelang Hari Raya Idul Fitri, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Gandeng Tim BNNK dan Cobra Polres Belitung Sisir Blok Hunian

Jumat, April 05, 2024 | 23:30 WIB 0 Views Last Updated 2024-04-05T16:30:35Z
Suaralampung.com, Belitung-  Langkah Responsif Deteksi Dini gangguan kamtib menjelang Hari Raya Idul Fitri, jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan bersama Tim Gabungan Polres dan BNNK Belitung melaksanakan Apel Siaga Berantas Halinar pada, Jumat (05/04). 

Apel siaga yang dipimpin oleh Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Gowim Mahali juga dihadiri oleh Kepala BNNK Belitung Kompol Agus Handoko, SH, Danramil 414 – 01 Tanjungpandan Mayor (Inf) Subkhan, KBO Satresnarkoba Polres Belitung IPDA Dodi Fitra, SH dan Kanit Binmas Polsek Badau IPDA Gelora Putra.

Dalam sambutannya Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan menyampaikan apresiasi atas kehadiran Full Tim Gabungan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan beserta Perwira Pengawas (Pawas). Hal ini sebagai bentuk implementasi nyata dari salah satu 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan Maju di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yaitu Sinergitas APH. 

Seraya menegaskan Kegiatan ini juga dalam rangka Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 dan sebagai langkah Deteksi Dini gangguan kamtib untuk memastikan pelayanan publik khususnya pada Hari Raya Idul Fitri di Lapas Tanjungpandan berjalan aman dan kondusif. “Terimakasih atas sinergitas yang luar biasa pada sore ini, laksanakan penggeledahan dengan akurat namun tetap humanis,” jelas Gowim

Selanjutnya Tim Gabungan yang terdiri dari 07 Personil Satresnarkoba Polres Belitung, 05 Personil Satuan Samapta Polres Belitung dan 04 Personil Polsek Badau serta 05 Personil Tim Berantas BNNK Belitung turun langsung ke Blok Khusus Narkoba bersama Jajaran Pengamanan Lapas Tanjungpandan yang dikoordinir oleh Ka. KPLP. 

Sebanyak 5 kamar beserta penghuni 53 Warga Binaan Kasus Narkoba digeledah tanpa terkecuali. Selanjutnya Personil Satresnarkoba dan Tim Berantas BNNK Belitung menunjuk secara acak 10 Warga Binaan untuk dilakukan test urine narkoba. 

Hasil kegiatan tidak ditemukan Narkoba dan 10 warga binaan dinyatakan negative narkoba. Namun jajaran Pengamanan Lapas Tanjungpandan tetap mengamankan beberapa benda yang patut diduga dapat mengganggu kondusifitas Lapas seperti benda tajam dan tumpul yang selanjutnya dimusnahkan.

Sementara itu Kepala BNNK Belitung Kompol Agus Handoko, SH menjelaskan melalui Kegiatan apel siaga dan razia gabungan ini juga merupakan bagian dari upaya BNNK Belitung untuk mencegah terjadinya peredaran gelap Narkoba khususnya di Lapas. Dirinya juga mengapresiasi konsistensi jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan terus berkomitmen menjaga Lapas Tanjungpandan Bersih Narkoba (Bersinar).

“Langkah deteksi dini jika dilakukan secara terukur sangat tepat dan efektif sebagai upaya pencegahan,” jelas Agus. Setelah kegiatan razia Kalapas bersama Tim Gabungan melaksanakan buka Bersama di aula Lapas. Terlihat semangat kebersamaan antara jajaran Lapas Tanjungpandan beserta aparat penegak hukum saling berbaur dan kompak menikmati hidangan buka puasa.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Deteksi Dini gangguan Kamtib Jelang Hari Raya Idul Fitri, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Gandeng Tim BNNK dan Cobra Polres Belitung Sisir Blok Hunian

Trending Now

Iklan

iklan