Lapas Tanjungpandan Gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat Untuk Memeriahkan HBP ke-60

Iklan

Lapas Tanjungpandan Gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat Untuk Memeriahkan HBP ke-60

Kamis, April 18, 2024 | 11:42 WIB 0 Views Last Updated 2024-04-18T04:42:22Z

Suaralampung.com, Tanjungpandan-  Dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel menggelar kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan kesehatan bagi Warga Binaan serta Petugas Pemasyarakatan, Rabu (17/04).

Kegiatan yang merupakan sinergi Klinik Pratama Lapas Tanjungpandan (Klinik Lada) bersama Puskesmas Badau ini bertujuan untuk memberikan KePASTIan pelayanan hak kesehatan khususnya bagi warga binaan terpenuhi dengan baik. Sehingga sejalan dengan upaya dalam pemenuhan hak pelayanan dan juga meningkatkan kualitas kesehatan warga binaan di Lapas Tanjungpandan

Pelaksana Harian (PLH) Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan M. Jawad Cirry menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Lapas Tanjungpandan dalam menjaga kesehatan para warga binaan selama menjalani masa pembinaan di Lapas. Selain dilaksanakan untuk mewarnai Peringatan HBP Ke – 60.

Kegiatan penyuluhan dan skrinning kesehatan secara berkala per triwulan rutin dilaksanakan oleh Lapas Tanjungpandan bersama Puskesmas Badau. "Dengan harapan dapat mewujudkan Pemasyarakatan Sehat, kami berharap kegiatan ini dapat mencegah penularan penyakit melalui Pola Hidup Sehat dan memastikan warga binaan mendapatkan hak pelayanan kesehatan yang layak," jelas Jawad.

Sementara itu Kepala Puskesmas Badau dr. Jubel TH Gultom menjelaskan dalam kegiatan ini pihaknya melaksanakan Jenis Pemeriksaan Kesehatan Berkala yang umum dilakukan yaitu Pemeriksaan Kolesterol, Pemeriksaan Gula Darah (Diabetes), serta Pemeriksaan dan Cek Tekanan Darah yang merupakan salah satu cara mendeteksi dini risiko hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.

Selanjutnya Tim Nakes juga melaksanakan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) pada bak penampungan air, wadah - wadah di sekitar kamar dan blok hunian yang berpotensi untuk dijadikan tempat perkembangbiakan nyamuk. Dalam kegiatan Penyuluhan, Tim Nakes memberikan Penyuluhan Pola Hidup Sehat dan Pencegahan dini penularan demam berdarah bagi warga binaan.

“Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar, Kami dari Puskesmas Badau tentunya selalu siap bersinergi bersama rekan – rekan Lapas Tanjungpandan untuk memberikan Layanan Kesehatan yang layak bagi warga binaan,” jelasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lapas Tanjungpandan Gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat Untuk Memeriahkan HBP ke-60

Trending Now

Iklan

iklan