Kabupaten Waykanan Menggelar Kegiatan Sosialisasi Peremajan Sawit Rakyat

Kabupaten Waykanan Menggelar Kegiatan Sosialisasi Peremajan Sawit Rakyat

Kabupaten Waykanan Menggelar Kegiatan Sosialisasi Peremajan Sawit Rakyat

Suaralampung.Com.
Waykanan - Kabupaten Waykanan menggelar Kegiatan Sosialisasi Peremajan Sawit Rakyat (PSR) di Hotel Sinar, Kampung Bumi Ratu pada Rabu (12/9/19).

Pada acara tersebut Bupai Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan "Saya menyambut baik dengan adanya program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Way Kanan ini, karena dengan adanya Peremajaan tanaman sawit akan produksinya akan meningkat dan pendapatan para pekebun Sawit akan lebih baik lagi," Kata Dia.

Namun tentunya Program Peremajaan ini tidaklah semudah itu. Para pemilik kebun sawit harus mempunyai data perkebunan, yang tidak hanya data calon petani ataupun calon lahan (CP/CL) saja tetapi juga memiliki data yang dapat menunjukkan lahan tersebut mempunyai alas hak yang jelas serta orang-orangnya telah tergabung di kelompok tani yang telah teregistrasi di Departemen Pertanian RI.

Pendataan tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan untuk segera mensosialisasikan program peremajaan kelapa sawit ini di kecamatan-kecamatan dan kampung-kampung.  Hal ini agar kelompok tani pekebunan dapat memberikan data-data yang akurat terkait dengan persyaratan yang harus dipenuhi kelompok.

Selain itu, bertitik tolak dari Rencana Jangka menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Way Kanan periode 2016-2021 dengan visi "Way kanan Maju dan Berdaya Saing 2021.   

Saya berharap sinergisitas Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dan Program The Business Watch Indonesia (BWI) yang didukung oleh stakeholders dan jajaran Pemerintah Kabupaten Way Kanan khususnya dinas terkait akan menjawab permintaan pasar yang semakin kompetitif untuk membawa Petani Pekebun Kelapa Sawit Way Kanan Maju dan Berdaya saing 2021.
   
Wartawan : Tayib

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Waykanan Menggelar Kegiatan Sosialisasi Peremajan Sawit Rakyat"

Posting Komentar