Peduli Kesehatan, PT KAI Tanjung Karang, kembali Gelar Bhakti Sosial Yang ke 12 Kali

Iklan

Peduli Kesehatan, PT KAI Tanjung Karang, kembali Gelar Bhakti Sosial Yang ke 12 Kali

Redaksi
Kamis, September 19, 2019 | 17:53 WIB 0 Views Last Updated 2019-09-19T11:55:57Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Kesehatan merupakan suatu faktor sangat berharga didalam hidup. Karena dengan mempunyai Raga yang bugar, tentu saja akan menghasilkan jiwa yang seimbang. Oleh sebab itu, dengan peduli kesehatan terhadap masyarakat, PT KAI Divre IV Tanjung Karang, kembali menggelar bhakti sosial untuk yang ke 12 kalinya pada tahun 2019 ini, 

Kegiatan bhakti sosial tersebut berupa pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian Rail Clinic bagi warga sekitar bantaran rel kereta api, yang berlangsung di Stasiun Kemelak, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu, Kamis (19/8/2019).

Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin, melalui Manager Kesehatan, Edwin mengatakan, kegiatan baksos pengobatan gratis ini sudah sering dilakukan. Hal itu sebagai bentuk kepedulian PT KAI. Diharapkan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel 

"Kesehatan itu sangat penting, oleh sebab itu PT KAI mengadakan pengobatan gratis menggunakan Rail Clinic, untuk membantu warga. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk CSR PT KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silahturahmi," kata Edwin.

Edwin menambahkan, kegiatan pengobatan gratis ini adalah yang ke 12 kalinya dari 14 kali yang telah diprogramkan selama tahun 2019.
Salah satu tujuan adanya bakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan barbasis jalan rel.

Tidak hanya itu, hal itu juga sekaligus untuk mensosialisasikan bahayanya masyarakat yang beraktifitas di sekitar rel. Saling bekerjasama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. Buang sampah jangan di rel kereta dan di saluran yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan, membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat.

"Peran serta Kereta Api dalam menjaga infrastruktur tidak lepas dari masyarakat. Kita tumbuh atas dukungan masyarakat, sehingga diharapakan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. Seperti menjaga rambu-rambu, kabel dan perangkat pendukung geraknya kereta api," harapnya.

Sementara itu, Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, menambahkan, selain layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian, juga dilakukan sosialisasi pendayaguaan aset PT KAI serta sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api.

Turut hadir dalam kegiatan ini, selain jajaran management KAI juga Lurah Kemelak, Helawi, s.ip, Kodim 04-03 Baturaja diwakili Serma Herdianto, Kepala Sekolah SDN 23 Oku Hj.Novriyanti, s.pd, dan sekitar 250 orang warga sekitar stasiun Baturaja yang datang untuk melakukan pengobatan secara gratis.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut serta pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SDN 23 Oku yang lokasinya sekitar Stasiun Baturaja dan pembagian tas serta merchandise,"

Pada kesempatan yang sama, Lurah Kemelak, Helawi mengucapkan terima kasih kepada PT KAI atas adanya pengobatan gratis dan bantuan lain, untuk warganya. Ia berharap agar kegiatan bakti sosial PT KAI bisa sering dilakukan didaerahnya, karena warga merasa sangat terbantu, khususnya yang kurang mampu, bisa mendapat pengobatan gratis.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PT KAI Divre IV Tanjung Karang yang telah peduli terhadap warga, khususnya di Kemelak. Semoga kegiatan ini bisa terus dilakukan, mengingat banyak warga senang karena merasa terbantu"tutupnya. (Tik/Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Kesehatan, PT KAI Tanjung Karang, kembali Gelar Bhakti Sosial Yang ke 12 Kali

Trending Now

Iklan

iklan