Dessy Afriyanti Adipati Tekankan Pola Asuh Mendidik Anak Yang Baik

Dessy Afriyanti Adipati Tekankan Pola Asuh Mendidik Anak Yang Baik

Dalam Kegiatan Penguatan Organisasi Mitra Himpaudi Dessy Afriyanti Adipati
Tekankan Pola Asuh Mendidik Anak Yang Baik 

Suaralampung.Com.
Way Kanan - Bunda PAUD Way Kanan, Dessy Afriyanti Adipati, dalam Kegiatan Penguatan Organisasi Mitra Himpaudi Kabupaten Way Kanan di Gedung SMK Kesehatan, Pisang Baru Bumi Agung, Pada Senin (7 /10/19). 

Dalam sambutannya mengatakan, berkat kerjasama antara Masyarakat dan Pemerintah, pada Tanggal 02 Oktober 2019 yang lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan mendapatkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat berkelanjutan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia sebagai Kabupaten Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

Penghargaan ini sangat membanggakan bagi kita semua karena penghargaan STBM itu hanya diraih oleh 19 Kabupaten dan Kota dari 514 Kabupaten kota seluruh indonesia dan hanya satu-satunya dari provinsi lampung yang mendapatkan penghargaan ini.

"Bagi anak sebagai generasi penerus bangsa Pendidikan yang baik merupakan salah satu kebutuhannya untuk masa depan, Pendidikan yang baik  pertama kalinya tentu akan didapat dan diperoleh olah anak-anak kita diawal kehidupanya yakni dari keluarga khususnya kita sebagai  orang tua, pendidikan yang dapat diterima anak-anak kita diantaranya  bentuk pola asuh, sikap atau tingkah laku yang ditunjukkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari," Kata Dia.

Kita sebagai orang tua  diharapkan mampu menerapkan pola asuh yang bisa mengembangkan segala aspek perkembangan anak usia dini baik pendidikan moral, perkembangan  kognitif, fisik motoric dan perkembangan bahasa sedini mungkin.

"Pola asuh yang baik sangat berperan pada  perkembangan perilaku khususnya Prilaku moral pada anak, dasar perilaku moral pertama di peroleh oleh anak dari dalam rumah yaitu dari orang tuanya. Proses pengembangan melalui pendidikan dilingkungan sekolah tinggal hanya melanjutkan perkembangan yang sudah ada," Lanjut Dia.
 
Saat ini  masih banyak para orang tua menerapkan bentuk pola asuh yang kurang tepat pada anak-anaknya, seperti pola asuh yang sering kita temui di lingkungan masyarakat, yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Dimana pola asuh yang diterapkan itu sangat minim dengan penanaman nilai-nilai etika dan lebih menitik beratkan pada pemenuhan kebutuhan fisik dari pada kebutuhan jasmani anak. 

Ada empat bentuk pola asuh yang diterapkan oleh beberapa orang tua, bentuk-bentuk pola asuh itu adalah, pola asuh otoriter, pola asuh demokrasi, pola asuh penelantaran dan pola asuh permisif. 

Dari keempat macam pola asuh itu bentuk pola asuh demokrasilah pola asuh paling baik diterapkan oleh orang tua dalam mengasuh anak-anaknya, dengan pola asuh ini kita dapat  memprioritaskan kepentingan anak, akan tetapi tidak ragu dalam mengendalikan mereka. Orang tua dengan perilaku ini akan bersikap rasional, selalu mendasari tindakannya dengan pemikiran-pemikiran untuk kepentingan masa depan anak.

Wartawan : Tayib/ Rijal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dessy Afriyanti Adipati Tekankan Pola Asuh Mendidik Anak Yang Baik "

Posting Komentar