Kurangi Risiko Bencana di Musim Kemarau, Gubernur Arinal Minta Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

Kurangi Risiko Bencana di Musim Kemarau, Gubernur Arinal Minta Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

Suaralampung.Com.
BANDAR LAMPUNG -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi minta semua pihak mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau ini. 

Pesan Gubernur itu disampaikan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat saat membacakan sambutan Gubernur Lampung pada Apel Mingguan di Lingkungan Pemprov Lampung, Senin (7/10/2019) di Lapangan Korpri.

"Salah satunya dengan mengatur penggunaan air agar lebih efisien sesuai dengan kebutuhan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan," ujar Taufik, menyampaikan pesan Gubernur.

Taufik melanjutkan jika BMKG memprediksi musim kemarau akan berakhir pada November 2019, untuk itu perlu diwaspadai masuknya musim penghujan yang berdampak pada timbulnya bencana banjir dan tanah longsor di beberapa daerah seperti Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pesawaran dan beberapa daerah lainnya.

"Saya minta jajaran Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dan mengevaluasi sejauhmana kesiapan seluruh unsur yang terlibat, baik dari unsur Pemerintah Daerah Provinsi dan Kab/Kota, TNI dan Polri maupun organisasi masyarakat, sehingga dapat meminimalkan dampak bencana baik jiawa maupun materil," ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Taufik menegaskan upaya mitigasi bencana melalui pengurangan resiko bencana harus dilakukan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan. 

Ia juga mengungkapkan Bulan Oktober ini adalah peringatan Bulan Pengurangan Resiko bencana (Bulan PRB) Tahun 2019 dimana puncak acara akan dilaksanakan secara nasional di Provinsi Bangka Belitung. (Humas Prov Lampung)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurangi Risiko Bencana di Musim Kemarau, Gubernur Arinal Minta Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan "

Posting Komentar