Apel Bersama Tandai Peringatan HKN di Kabupaten Tanggamus

Iklan

Apel Bersama Tandai Peringatan HKN di Kabupaten Tanggamus

Redaksi
Sabtu, November 30, 2019 | 09:12 WIB 0 Views Last Updated 2019-11-30T02:12:30Z

Tanggamus Suaralampung.com   -- Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pemkab Tanggamus,  Kamis (28/11/19).

Turut hadir Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, sejumlah Kepala OPD, Jajaran Dinas Kesehatan Tanggamus, Pimpinan dan Jajaran RSUD Kota Agung, Pimpinan dan Jajaran RS Panti Secanti Gisting, serta para Kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Tanggamus.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat dalam laporannya menyampaikan bahwa Pedoman Pelaksanaan HKN ke 55 Tingkat Kabupaten Tanggamus adalah Buku Panduan Hari Kesehatan Nasional 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Dengan tema ; Generasi Sehat,  Indonesia Unggul. 

"Tujuan Perayaan HKN sebagai pengingat masyarakat untuk mewujudkan derajat kesehatan dengan lebih memprioritaskan upaya promotif dan preventif kesehatan, menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif," kata Taufik.

Taufik juga menerangkan rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan HKN Ke-55, yakni: 
1. Seleksi dan Penilaian Tenaga Non Kesehatan Kabupaten Kesehatan Dinas di Teladan Tanggamus, pada tanggal 2 Oktober 2019 - 27 Oktober 2019
2. Seleksi dan Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, pada tanggal 23 Oktober 2019 - 7 Nopember 2019. 

Sementara Bupati Hj Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan tema HKN Ke-55 Tahun 2019, yaitu Generasi Sehat, Indonesia Unggul, sangat sesuai dan sinergis dengan Visi Tanggamus yaitu Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. 

"Pemkab Tanggamus mengutamakan pelayanan yang langsung menyentuh masyarakat khususnya dibidang Kesehatan. Kebijakan ini tertuang dalam 55 AKSI DESA ASIK," kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan  kebijakan dan pelaksanaan dibidang kesehatan yang sedang dan telah dilakukan diantaranya: 
1. Pengadaan Alat Ultrasonography (USG) bagi Puskesmas Rawat Inap. Untuk tahun 2019 pengadaan alat USG didistribusikan kepada 5 UPT Puskesmas Rawat Inap, dan secara bertahap akan diupayakan agar seluruh Puskesmas Rawat Inap di Kabupaten Tanggamus, terutama daerah terpencil dan jauh dari Rumah Sakit akan dilengkapi dengan peralatan USG. Sehingga diharapkan dengan adanya peralatan USG tersebut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan dapat menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. 
2. Pengadaan kendaraan Mobil Ambulance dan Mobil Puskesmas Keliling bagi UPTD Puskesmas. Untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan pelayanan kendaraan ini, pelayan masyarakat dapat lebih optimal, terlebih telah didukung pula dengan Ambulance Pekon yang pada tahun 2019 telah diadakan pada 100 Pekon. Dimana secara bertahap setiap tahunnya sampai dengan tahun 2021 seluruh Pekon di Kabupaten Tanggamus akan memiliki Ambulance Pekon.
3. Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut, yang diarahkan kepada warga Tanggamus yang berusia lebih dari 65 Tahun. Dalam bentuk pelayanan Kesehatan berupa Home Care (pelayanan di rumah masing-masing) secara periodik dan juga insidentil. 

Dalam kesempatan itu dilakukan juga pelepasan balon sebagai tanda Peringatan HKN ke 55 di Kabupaten Tanggamus. Selain itu dilakukan juga penyerahan penghargaan kepada penggiat sanitasi, dokter teladan dan tenaga kesehatan teladan oleh Bupati Hj Dewi Handajani.(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/AZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apel Bersama Tandai Peringatan HKN di Kabupaten Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan