Cara Aman Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama

Iklan

Cara Aman Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama

Redaksi
Jumat, Agustus 15, 2014 | 07:49 WIB 0 Views Last Updated 2014-08-15T00:49:40Z
SuaraLampung.Com, Madu merupakan hasil alam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, madu terbaik dari lebah ini sangat klop digunakan sebagai campuran segala macam jenis jamu dan ramuan tradisional. Seringkali madu memiliki rasa dan bau yang tidak sedap jika disimpan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun lamanya, apalagi madu asli yang baru diambil dari sarangnya jika tidak cermat menyimpanya akan terkontaminasi dengan logam ataupun bahan yang kurang bersih atau higienis.

Tahukah anda bahwa madu asli tidak boleh ditempatkan pada wadah yang berbahan logam seperti stainles atau alumunium, karena akan menimbulkan zat asam atau karat jika akan lama disimpan, untuk mengaduknya pun kita tidak boleh menggunakan sendok logam/stainles, lebih baik menggunakan sendok plastik yang aman atau berbahan kayu untuk mengaduknya.

Madu asli hendaknya disimpan dalam wadah berupa botol atau toples berbahan gelas atau juga bahan plastik food grade, agar lebih tahan lama dalam penyimpanannya.

Untuk menyimpan madu agar awet dan segar serta tidak rusak ikutilah cara di bawah ini :

Jika anda mempunyai madu yang baru diambil dari sarangnya, tuangkan pada botol/toples berbahan gelas/plastik kemudian botol/toples ditutup rapat-rapat dan tempatkan pada suhu ruangan/suhu normal, misalnya pada lemari dapur, jangan simpan madu pada lemari es atau kulkas, karena dapat merusak sel pada madu tersebut agar nantinya jika kita akan gunakan kita tetap mendapat manfaat utuh dari madu tersebut. Memanaskan atau mendinginkan madu asli dapat merusak manfaat madu. Cara meminumnya pun kita hanya perlu menggunakan air hangat saja bukan air panas.

Perlu diingat Madu merupakan pengawet alami selain gula dan garam, jika disimpan dengan benar maka Madu ini akan tahan hingga bertahun-tahun normalnya 3-4 tahun. (Tri W & Sudar).

Madu asli yang kaya manfaat bagi kesehatan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Aman Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama

Trending Now

Iklan

iklan