Bimtek Pengawas TPS, Panwascam Natar komitmen Optimalkan Pengawasan

Iklan

Bimtek Pengawas TPS, Panwascam Natar komitmen Optimalkan Pengawasan

Redaksi
Senin, November 23, 2015 | 22:30 WIB 0 Views Last Updated 2015-11-23T15:32:16Z

Suaralampung.com, Panwascam Natar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengawas TPS Se Kecamatan Natar yang diikuti oleh seluruh PPL dari 26 Desa di kecamatan tersebut. Dimana disela acara juga di sampaikan sosialisasi tentang aturan terkait cara mencoblos surat suara yang sah atau tidak sah.

Dalam kegiatan Bimtek tersebut ketua Panwascam Natar Alfianto mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan yang maksimal bagi para Petugas Pengawas Lapangan (PPL) agar dapat menularkan kepada para pengawas TPS di Desa masing masing.

" Kita upayakan yang paling maksimal karna memang ini penting Bagi para PPL, dimana mereka harus Memberikan Bimtek Di Desa masing masing bagi pengawas TPS Di Desanya, karna kita memang tidak ada anggaran untuk melakukan bimtek bagi pengawas TPS, makanya proses ini kami upayakan maksimal," ujarnya Sabtu (21/11).

Dalam agenda tersebut Panwascam Natar juga turut mengundang ketua Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) Natar, dimana dalam dialog yang dilakukan dengan Para PPL ternyata diungkapkan masih banyak hal yang memang belum dapat dijawab oleh oleh ketua PPK karna belum ada arahan atau petunjuk dari KPU Kabupaten Lampung Selatan.

" Beberapa pertanya saya belum bisa jawab karna memang kami belum dapet arahan dari KPU," Kata Susanto dalam acara tersebut.

Diakuinya dalam pelaksanan pemilu Kada Di Natar ketika menanggapi beberapa pertanyan dalam forum tanya jawab, memang banyak hal yang masih belum bisa dijawab dan diputuskan. Karena dalam pelaksanan pemilu di Natar PPK memang hanya sebagai pelaksana dan bukan pembuat peraturan, sehinga semua kebijakan memang harus sesuai dengan aturan dan arahan dari KPU.

"Kita memang hanya pelaksana yang harus mengikuti aturan, walaupun memang mungkin akan banyak pemilih yang kesulitan atau kehilangan hak suaranya, tetapi aturan memang harus dilaksanakan, saya tidak setuju bila aturan harus dikesampingkan demi tercapainya hak suara masyarakat, bagi saya aturan itu kedudukanya lebih pentingdiatas hak, kalau kita mengesampingkan aturan demi hak suara masyarakat, berarti kita harus membubarkan saja penyelenggara ini, karna penyelenggara tidak akan mampu memenuhi semua hak memilih bagi warga lampung selatan yang ada, misalnya yang sekarang di perantawan atau di rumah sakit, penyelenggara tidak akan mampu menyediakan kotak suara di jakarta atau di tempat lain misalnya, tetapi kami memang membuka ruang seluas luasnya bagi siapa saja yang ingin menyalurkan suaranya," tuturnya.

Sementara ketua bidang pengawasan dan penindakan Panwascam Natar Iskandar disela kegiatan menyampaikan, perlunya peningkatan kerjasama baik antara sesama pengawas atau pun penyelengra lainya dalam hal ini adalah PPK, agar dengan kerjasama yang baik maka penyelenggaran pemilu di Natar akan dapat dilaksanakan dengan sukses.

" Saya juga mengharapkan kinerja pengawas dibawah jajaran saya dapat lebih ditingkatkan, seiring dengan meningkatnya frekuensi dan intensitas kampanye para pasangan calon, sehinga diharapkan dengan pembekalan yang kami berikan akan juga memberi dampak pada peningkatan kwalitas dan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan pengawasanya," tambahnya. (Tri).


Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bimtek Pengawas TPS, Panwascam Natar komitmen Optimalkan Pengawasan

Trending Now

Iklan

iklan