Dusun Sidoluhur Minta Di Mekarkan Dari Tahun 2010, Belum Terealisasi

Iklan

Dusun Sidoluhur Minta Di Mekarkan Dari Tahun 2010, Belum Terealisasi

Redaksi
Minggu, Maret 20, 2016 | 20:11 WIB 0 Views Last Updated 2016-03-20T13:11:50Z

Suaralampung.com. Warga Dusun Sidoluhur Desa  Sidoasri kecamatan Candipuro Minta Wilayahnya Dimekarkan, dengan alasan permintan warga untuk dapat mandiri serta akibat jauhnya rentang kendali pelayanan administrasi, juga karena merasa dusunnya telah memiliki potensi untuk di mekarkan menjadi Desa mandiri. 

Dusun tersebut sudah memiliki kelayakan untuk mandiri, serta memekarkan diri  dari Desa induk, dilihat dari pontensi sumberdaya alam, serta fasilitas umum yang memadai.

Penduduk Dusun tersebut juga sudah memiliki areal tanah hibah seluas kurang lebih satu hektar yang diperuntukkan bagi persiapan fasilitas umum sepeti kantor Desa, puskesmas, balai desa serta fasilitas lainya.

Menurut warga setempat beberapa kali pernah mengajukan permohonan pemekaran, namun hingga kini belum ada tanggapan positif dari pemda atau aparat pemerintah yang membidanginya.

ketika ditemui pengurus kepemudaan Dusun tersebut  Kusri memaparkan, pada tahun 2010 dan 2012 pernah mengajukan permohonan proposal, bahkan pernah naik dan dibahas Di DPRD Lamsel namun hingga hari ini belum ada tanggapan.

"Saya meminta kepada bapak Bupati yang baru untuk dapat membantu merealisasikan pemekaran tersebut, karna Dusun ini sangat jauh dari lokasi  Desa induk Sidoasri. Kalu ada apa-apa warga jauh mau ke Desa induk, contohnya pengurusan surat menyurat, ke puskesmas sampai urusan yang lain, karna harus ditempuh hingga 30 menit menuju Desa induk,"Paparanya,(20/3).

Sejarah singkat Dusun Sidoluhur, Dusun ini berdiri sejak tahun 1953 yang berada dibawah naungan Desa Sidoasri, wilayah tersebut merupakan  penghasil padi.

Dalam sejarahnya Dusun Sidoluhur  ini sudah berganti pemimpin (Kadus) lebih dari Delapan kali. Dengan  potensi unggulan berupa pertanian padi, jagung dan areal persawahan yang subur serta peternakan ayam (Yus Anwar). 

Nama Dusun :
Sidoluhur

Desa induk:
sidoasri

Nama Kadus : 
Pujiono (Priode 2012- sekarang)

Posisi Dusun :
Sidoluhur Desa sidoasri terletak Di Kecamatan Candipuro
Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Luas wilayah : 350,H ( tiga ratus  lima puluh Hektar)

Jumlah penduduk : 400 Kepala keluarga atau 1000 mata pilih

Potinsi Sumber Daya Alam Desa : Persawahan, Peternaka, Perkebunan Jagung, Hutan Tanaman Produksi.

Fasilitas pendidikan :
Ada 3 (tiga) Gedung Sekolah.

Batas wilayah :
•Sebelah utara Berbatasan dengan Desa Cintamulya

•Sebelah Selatan Berbatasan dengan Waygelam

•Sebelah Timur BerbatasanCandipuro

•Sebelah Barat Berbatasan dengan Waygalih

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dusun Sidoluhur Minta Di Mekarkan Dari Tahun 2010, Belum Terealisasi

Trending Now

Iklan

iklan