IBI Darmajaya Sukses Gelar Lomba Robot Line Follower Tingkat Pelajar

Iklan

IBI Darmajaya Sukses Gelar Lomba Robot Line Follower Tingkat Pelajar

Redaksi
Kamis, Mei 05, 2016 | 00:55 WIB 0 Views Last Updated 2016-05-04T17:55:44Z
SuaraLampung.Com, Lomba yang dihelat Hima Misi Ibi Darmajaya dalam rangkaian acara Karnaval IT Season 5 atau KIT5 Tahun 2016 yang bertajuk Roboline Followers Contest ini diikuti sebanyak 18 tim dari sekolah SMP/SMA/SMK Se-Provinsi Lampung.

Acara yang digelar selama dua hari 3-4 Mei 2016 di Lantai 3 Aula Pasca Sarjana ini sangat seru dimana masing-masing peserta beradu cepat dalam memacu robot agar dapat mengikuti garis lintasan hitam atau putih berbagai bentuk serta sebuah tanjakan yang dapat membuat robot terjungkal atau bahkan tidak kuat menaikinya ini tentu membuat semakin menarik perlombaan robot pengikiut garis ini.
IBI Darmajaya Sukses Gelar Lomba Robot Line Follower Tingkat Pelajar
Foto bersama usai acara KIT5
Dalam babak peyisihan dilakukan dilakukan 32 kali pertandingan menyaring peserta dengan jumlah poin/nilai terbanyak untuk dilombakan lagi dalam partai 8 besar keesokan harinya. Dihari kedua pertandingan semakin seru karena hanya tersisa peserta yang memiliki robot paling cepat. Peserta yang Lolos semi final adalah SMK Swadhipa 2 Natar 1 tim, SMAN 1 Kota Gajah 1 tim, dan SMA YP Unila Bandar Lampung 2 tim.

Pada puncak final dengan arena yang berbeda peserta diberi waktu 1,5 jam untuk memprogram ulang robotnya. Semi final ini dikuasai oleh robot-robot SMA YP unila yang menggunakan robot LF Ichibot terbukti dengan perebutan juara pertama dan kedua mutlak dimiliki salah satu sekolah favorit ini.

Berikut hasil perlombaan Roboline Follower Contest Hima Misi IBI Darmajaya 2016:
  • Juara 1 SMA YP Unila Bandar Lampung Tim C
  • Juara 2 SMA YP Unila Bandar Lampung Tim B
  • Juara 3 SMAN 1 Kota Gajah Tim Whiz Saga
  • Penghargaan Desain Terbaik SMP Al-Kautsar Bandar Lampung
  • Penghargaan Algoritma Terbaik SMP MU Ahmad Dahlan Metro


Menurut Jona Milanda Pembimbing tim robotik SMA YP unila timnya memborong dua juara berkat latihan yang rutin dilakukan disekolah serta sering mengikuti lomba robot line follower di tingkat lokal maupun nasional.
IBI Darmajaya Sukses Gelar Lomba Robot Line Follower Tingkat Pelajar
Tim Robot SMA YP Unila
Acara lomba roboline follower ini merupakan acara yang ketiga kalinya dalam rangkaian KIT Season 5 dengan tingkat kesulitan yang cukup signifikan, "kami akan terus berusaha meningkatkan kualitas lomba dengan terus berinovasi serta untuk tahun yang akan datang berencana akan mengundang peserta dari Palembang, Jakarta, dan Banten" Ungkap Fiko Ketua pelaksana lomba kepada Jurnalis Suara Lampung. (Sudar).  

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IBI Darmajaya Sukses Gelar Lomba Robot Line Follower Tingkat Pelajar

Trending Now

Iklan

iklan