Sedekah Buku, Langkah Kecil Menyiapkan Generasi Baru Yang Bermoral, Iman, Dan Taqwa

Iklan

Sedekah Buku, Langkah Kecil Menyiapkan Generasi Baru Yang Bermoral, Iman, Dan Taqwa

Redaksi
Selasa, September 27, 2016 | 19:50 WIB 0 Views Last Updated 2016-09-27T14:18:33Z
SuaraLampung.Com - Bandar Lampung, Sedekah Buku adalah grup di media sosial facebook yang di gagas S.S. Van Beuteles memprakarsai program pembangunan rumah baca di Desa Pune Kecamatan Galela Kab. Halamahera Utara, Maluku Utara dan Di Tanjung Bintang Kab. Lampung Selatan Prov. Lampung.

Aksi kepedulian terhadap upaya peningkatan minat baca dan menumbuhkan kecintaan terhadap buku ini, menginspirasi para relawan untuk menggalang bantuan masyarakat. Mereka mengumpulkan buku baru dan bekas dari para donatur untuk mendirikan sebuah rumah baca baru bagi anak-anak dan remaja di pesisir Galela Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara dan Tanjung Bintang Lampung tersebut.
Sedekah Buku, Langkah Kecil Menyiapkan Generasi Baru Yang Bermoral Iman Dan Taqwa
​S.S. Van Beuteles adalah perantau asal Lampung yang menjadi relawan di Pesisir Galela, aksi sosial ini lahir dari keprihatinan terhadap rendahnya minat baca dan minimnya literasi yang tersedia bagi anak-anak di Pesisir Galela Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara .

"Untuk mendapatkan buku kami harus ke Kota Ternate, 250 km dari Galela, dan harus menyeberang laut," ujar S.S. Van Beuteles melalui Blackberry messenger, Rabu (27/9).
Padahal menurutnya, buku sangat berperan penting bagi pembangunan karakter dan membuka cakrawala wawasan bagi anak bangsa, agar mereka dapat menjadi generasi yang kompetitif .
Rumah baca yang dibangun S.S. Van Beuteles
S.S. Van Beuteles yang juga merupakan penulis novel "Anak Haram Ibu Pertiwi" menyampaikan ke suaralampung.com, bukan sekedar membangun rumah baca di sini saja dia juga akan mengembangkan jaringan Sedekah Buku hingga pelosok negeri untuk sementara ini baru Lampung dan Halmahera Maluku Utara, dirinya ingin menjadikan fasilitas tersebut sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu dan pembangun karakter anak bangsa yang bermoral, iman, dan taqwa. Tempat itu, menurut nya, selain sebagai perpustakaan rakyat juga difungsikan untuk kelompok belajar dan mengaji bagi anak-anak usia sekolah.

Relawan lainnya yang berada di Lampung, Wahyu menambahkan, keberadaan rumah baca yang hidup akan memberikan dampak positif bagi generasi muda di provinsi ini. Dengan membangun budaya literasi, menurut wahyu, iklim kreativitas akan berkembang dengan sendirinya.

"Kita harus membentengi anak-anak generasi penerus bangsa dari pengaruh buruk lingkungan. Sangat memprihatinkan jika generasi muda membuang waktu di usia produktif mereka untuk hal-hal yang kurang bermanfaat," ujar wahyu relawan taman baca madani ini.

Wahyu menekankan, angan-angan membangun rumah baca sekaligus ruang kreatif ini tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Untuk itu, menurut wahyu, ia dan rekan-rekan mengajak warga Indonesia dan siapapun yang peduli untuk ambil bagian dalam aksi Sedekah Buku ini.

S.S Van Beuteles menerangkan kepada media, sejak sedekah buku ini diluncurkan melalui media sosialnya di grup facebook "Sedekah Buku", respon para netizen cukup baik dengan memperoleh sedekah dari donatur seluruh Indonesia mencapai 500 koleksi buku.

Beberapa orang dari luar kota, seperti Banyuwangi, Malang, Surabaya,  Palembang, Bandung dan Jakarta, menurutnya, juga tergerak untuk membantu, bahkan berniat mengirimkan buku-buku mereka ke Lampung Dan Halmahera Utara.

Untuk komunitas tersebut saat ini baru memiliki dua rumah baca yaitu di Dusun rengas jaya B, RT 03/RW 05 desa Jati Indah Kec.Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dan Desa Pune Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara. (Yoes Anwar)

Untuk relawan yang mau menyedekahkan bukunya bisa hubungi :

M. Soleh 
d.a Desa Pune kecamatan Galela 
Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara 
WA 081242967189
BBM 57934CF7.


Wahyu Ahmad Ramdhani 
Dusun Rengas Jaya B, RT 03/RW 05 
Desa Jati Indah Kec.Tanjung Bintang 
Kab.Lampung Selatan, Provinsi Lampung.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sedekah Buku, Langkah Kecil Menyiapkan Generasi Baru Yang Bermoral, Iman, Dan Taqwa

Trending Now

Iklan

iklan