KPU Menggelar Acara Sosialisasi Dalam Rangka Peningkatan Partisipan Masyarakat Mesuji

Iklan

KPU Menggelar Acara Sosialisasi Dalam Rangka Peningkatan Partisipan Masyarakat Mesuji

Redaksi
Rabu, Desember 13, 2017 | 08:55 WIB 0 Views Last Updated 2017-12-13T01:55:57Z

Suaralampung.Com, Mesuji -   Komisi Pemilihan Umum kabupaten Mesuji menggelar acara sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipan masyarakat kabupaten mesuji pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Lampung tahun 2018, bertempat di hotel Azam Desa Brabasan kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji pada hari Selasa (12/12).

Dalam kesempatan tersebut ketua KPU Kabupaten Mesuji Saiful Anwar mengatakan, bahwa forum tersebut bersifat terbuka bagi seluruh elemen masyarakat, selebihnya ia menekankan bahwa bagi peserta pemilu seutuhnya merupakan kewenangan Dinas kependudukan dan catatan sipil lantara yang memiliki hak pilih haruslah yang telah memiliki E-ktp ataupun yang telah melakukan petekan data diri di Dinas tersebut.

"Forum ini kita buka Seluas luasnya, ada mahasiswa, pelajar, tokoh masyarakat dan lainya, ada sesi tanya jawab dan diskusi sesuai dengan juknis, maka dari itu untuk menjadi peseta pemilihan yang punya -kewenangan mengeluarkan Dukcapil setempat, yang bisa menggunakan hak pilih yaitu orang yang sudah terekam di E KTP, " terang Saiful.

Dalam kesempatan yang sama, sekretaris KPU kabupaten Mesuji Ikhlas Setia juga menyatakan dalam diskusi tersebut hadir dua orang anggota KPU Mesuji yang bertindak selaku narasumber yaitu Jupri Spd. serta Imani Spdi.

Sementara itu beberapa poin penting dipaparkan oleh jupri selaku nara sumber dalam acara tersebut, diantaranya, sasaran sosialisasi pemilih yang akan kita diskusikan hari ini meliputi komponen Pemilih yang berbasis keluarga, Pemilih Pemula, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Pemilih Penyandang Disabilitas, Pemilih berkebutuhan Khusus, Kaum Marjinal, Komunitas, Keagamaan, Relawan Demokrasi dan Warga Internet (Netizen).

"Kemudian Masyarakat Umum, Media Masa, Partai Politik, Pengawas, Pemantau Pemilihan Dalam Negeri dan Pemantau Pemilih Asing, Organisasi Kemasyarakatan, Masyarakat Adat, Instansi Pemerintah, " terang jupri.

Dikatakan juga oleh Jupri bahwa terdapat 5 jurus jitu partisipasi pemilih meningkat, yakni, Petakan dimana pemilih berada, Tentukan strategi pendidikan pemilih, Siapkan bahan yang dibutuhkan, Galang Sinergi dengan entitas Lain.

Ditambahkannya, untuk presentase Partisipasi Pilkada dan Pemilihan Umum di Kabupaten Mesuji tahun 2011-2017 adalah, Pemilukada 2011 : 78,83 %, Pileg 2014 : 77,85 %, Pilgub 2014 : 77,16 %, Pilpres 2014 : 72,01 %, dan Pemilukada 2017 : 87,20 %.

Ditempat yang sama Imani, S.Pdi yang juga selaku narasumber memamparkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pemilihan dapat dilihat dari beberapa faktor antara lain, Keikutsertaan dalam proses pemilihan , pemberian suara dalam pemilihan  serta kedatangan pemilih ke Tempat Pemungutan Suara untuk memberikan suaranya.
"Partisipasi masyarakat pemilih dalam pemungutan suara ditentukan, Persepsi Pemilih terhadap apa dan siapa yang akan dipilih serta Kepentingan Pemilih dan ekspektasi Pemilih, " terang Imani.

Acara yang dimulai pukul 09. 00 Wib. dan selesai pada pukul 12. 00 Wib ini dihadiri oleh Ketua KPU Mesuji Saipul Anwar, SH, Ketua Panwaslu Mesuji Apri Susanto Spd, dan Ketua Pokja Sosialisasi Jupri, S.Pd. beserta anggota komisioner.

Hadir juga Kadis Dukcapil Mesuji Rom'iza, Agus Haryanto Kaban Kesbang Mesuji, Mayor Inf. Agus Sutono Pabung Kodim 0426 Tulang Bawang, Mayor Arm IKetut Subangga Danramil Mesuji, Anwar Pamuji Camat Tanjung Raya, Komang Camat Way Serdang, Bripka Ahmad Koni Binmas Polsek Tanjung Raya, Iklas Setia, S.Pd Sekretaris KPU Mesuji dan sekitar 60 orang peserta dari Masyarakat, serta Mahasiswa dan Pelajar.(heri)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Menggelar Acara Sosialisasi Dalam Rangka Peningkatan Partisipan Masyarakat Mesuji

Trending Now

Iklan

iklan