Buka Akses Perkebunan Rakyat, Gubernur Ridho Bangun Jalan Usaha Tani di 7 Kabupaten

Iklan

Buka Akses Perkebunan Rakyat, Gubernur Ridho Bangun Jalan Usaha Tani di 7 Kabupaten

Redaksi
Senin, Januari 29, 2018 | 07:57 WIB 0 Views Last Updated 2018-01-29T00:57:44Z


Suaralampung.Com.
BANDARLAMPUNG ---Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mendorong peningkatan ekonomi bagi para petani/pekebun dengan membangun jalan usaha tani di 7 Kabupaten. Gubernur berharap dengan adanya jalan yang dibangun selama 2017 itu, akan memudahkan dan melancarkan pengangkutan hasil perkebunan/hasil bumi yang menjadi sumber penghasilan masyarakat. Pesan Gubernur tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung Dessy Desmaniar Romas, di Bandar Lampung, Sabtu (27/1/2018). "Saat ini Gubernur terus menggalakkan peningkatan usaha perkebunan. Di harapkan jalan usaha tani dapat menunjang perkebunan dan mempermudah masyarakat membawa hasil perkebunannya," ujar Dessy.

Adapun tujuh kabupaten yang diberikan bantuan untuk pengembangan kawasan perkebunan dan peternakan adalah Tanggamus, Lampung Tengah, Pesisir Barat, Lampung Selatan, Lampung Timur, Tulang Bawang, dan Way Kanan. Masing-masing Kabupaten diberikan satu paket bantuan pengembangan akwasan perkebunan dan peternakan, kecuali Tanggamus yang diberikan bantuan 2 paket, masing-masing untuk perkebunan dan peternakan. "Dengan berkembangnya kawasan perkebunan dan peternakan, tentu saja dibutuhkan uluran tangan pemerintah untuk lebih meningkatkan spirit masyarakat di sektor perkebunan dan peternakan. Semoga bantuan ini bisa meningkatkan produktivitas perkebunan dan peternkana kita," tambah Dessy. 

Selain membuka jalan usaha tani, Gubernur juga melakukan berbagai terobosan di sektor perkebunan. Misalnya dengan melakukan pengembangan tanaman semusim, tanaman penyegar dan peremajaan tanaman rempah. Gubernur membidik enam Kabupaten untuk pengembangan dan peremajaan komoditas kopi, kakao, dan karet, sepanjang tahun 2017. Keenam kabupaten tersebut Tanggamus, Lampung Barat, Pesawaran, Lampung Selatan, Tulangbawang dan Tulangbawang Barat. "Sesuai arahan Gubernur tanaman tahunan dan penyegar ini kita tingkatkan secara intensifikasi agar produksinya meningkat. Ada yang kita kembangkan tanaman kopinya dan ada pula yang dilakukan peremajaan," ujar Dessy.

Gubernur juga memberikan bantuan ke 4 kabupaten untuk menggalakkan tanaman semusim dan rempah, seperti tebu, tembakau, lada, pala dan cengkeh sepanjang tahun 2017. Keempat kabupaten tersebut Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Timur dan Lampung Selatan. "Tujuan dari program Gubernur ini untuk mendukung pelaksanaan pembangunan perkebunan di Provinsi Lampung," ujar Dessy Romas. (Humas Prov)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Akses Perkebunan Rakyat, Gubernur Ridho Bangun Jalan Usaha Tani di 7 Kabupaten

Trending Now

Iklan

iklan