Eksekusi Lahan Diwarnai Bentrok Antara Pol PP dan Polisi

Iklan

Eksekusi Lahan Diwarnai Bentrok Antara Pol PP dan Polisi

Redaksi
Jumat, Januari 12, 2018 | 16:27 WIB 0 Views Last Updated 2018-01-12T09:27:34Z

Suaralampung.com, Bandarlampung- Eksekusi terhadap lahan seluas 4,7 hektare di Pekon (Desa) Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (11/01) diwarnai aksi bentrok
antara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan anggota Kepolisian Resor (Polres) Lampung Barat mewarnai yang menghalangi jalannya eksekusi pengosongan lahan tersebut. 

Bentrok tersebut terjadi setelah Panitera Pengadilan Negri Liwa M Yamin membacakan penetapan nomor 01/Pen.Eks.2018/PN.liwa tanggal 3 Januari 2018 yang menerangkan sebagai bentuk kepastian hukum menyerahkan tanah seluas 4,7 hektare kepada ahli waris (alm) H Tabrani Dalil yaitu Aria Resukia, Isna Adianti, Anda Mulia dan Aria Resuki Anggun Arifnur sebagai pemilik sah lahan tersebut.

Namun, saat akan mencabut plang yang bertulis Tanam Milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat dihalangi oleh pulahan anggota Satpol PP yang mengakibatakan saling dorong dan hampir menimbulkan baku hantam antara aparat hukum yang diterjunkan untuk mengawal pengosongan lahan tersebut.

Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto S.ik saat di konfirmasi menjelaskan, pihaknya telah melakukan langkah persuasif dan sesuai prosedur. "Kami sudah melakukan mediasi namun menemukan jalan buntu, jadi kami hanya menjalankan dan menegakan hukum, kapasitas kami hanya mengamankan dan menjalankan putusan Pengadilan Negeri Liwa terkait sengketa tersebut," kata dia.

Masih kata dia, eksekusi pengosogan lahan tersebut sedikit mengalami kericuhan antara anggota Satpol PP dan Polisi. "Hanya saling menjalankan tugas, tidak ada yang terluka apalagi baku hantam, kita bersaudara,namun jika ada yang merasa dirugikan silahkan tempuh melalui jalur hukum kan megara kita negara hukum," ungkapnya. (Nov)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Eksekusi Lahan Diwarnai Bentrok Antara Pol PP dan Polisi

Trending Now

Iklan

iklan