MTQ Ke-46 Tingkat Provinsi Lampung Resmi Dibuka

Iklan

MTQ Ke-46 Tingkat Provinsi Lampung Resmi Dibuka

Redaksi
Jumat, April 27, 2018 | 07:06 WIB 0 Views Last Updated 2018-04-27T00:06:27Z


Suaralampung.Com.
BANDAR LAMPUNG ---Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-46 Tingkat Provinsi Lampung resmi dibuka Kamis (26/4/2018) malam dengan ditandai pemukulan bedug dan tepuk marawis oleh Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno dan Forkopimda Provinsi Lampung serta Ketua LPTQ provinsi Lampung Hery Suliyanto di Islamic Center Bandar Lampung.
Pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai penampilan seperti marawis, tembang kenangan bernuansa agamis, marching band dari MAN 1 Bandar Lampung, dan Tari Bedana Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Pjs. Gubernur Didik juga menyerahkan piala bergilir kepada Ketua LPTQ Provinsi Lampung.
 
Dalam sambutannya, Didik Suprayitno mengatakan MTQ merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah melekat di masyarakat dan bangsa kita, khususnya di Provinsi Lampung. "MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat," jelas Didik.
 
Ia menjelaskan kegiatan keagamaan ini menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, serta terbukti mampu menjadi daya dorong kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah khususnya dibidang keagamaan. "MTQ diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat. Disamping itu kegiatan MTQ dapat menjadi forum silaturrahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga masyarakat Lampung," jelasnya.
 
Pjs. Gubernur berharap MTQ ini mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan kepada Allah SWT. Penyelenggaraannya juga dapat diarahkan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Lampung agar senantiasa mempelajari dan memahami Al-Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna umat manusia. "Karena Al-Qur'an merupakan sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan kehidupan. Oleh karenanya forum kajian Al-Qur'an perlu digiatkan dan dikembangkan baik secara formal maupun informal di lingkungan masyarakat, termasuk melalui MTQ," kata Didik.

Kepada Dewan Hakim, Didik berharap, agar mampu menjaga integritasnya. "Saya yakin dewan hakim mampu bekerja profesional dan   proposional sebagai salah satu upaya kita dalam menjaring aset-aset Lampung yang dapat berperan di kancah Nasional, bahkan Internasional. Dan kepada peserta saya ucapkan selamat berlomba, junjung setinggi-tingginya nilai-nilai sportifitas dan kejujuran," pungkasnya. 

Didik minta kepada Juara 1 di berbagai cabang yang dipertandingkan, mampu mewakili Provinsi Lampung meraih juara 1 ditingkat Nasional. "Saya berharap kepada juara satu nantinya,  mampu menjadi Provinsi Lampung juara satu dikompetisi MTQ tingkat Nasional di Sumatera Utara," harap Didik. 

Dalam kesempatan itu, Ketua LPTQ provinsi Lampung, Hery Suliyanto, menjelaskan pelaksanaan MTQ ke-46 berdasarkan surat keputusan Gubernur Lampung Nomor: G/176/B.03/HK/2018 tentang penetapan Pemerintah Provinsi Lampung sebagai penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) tingkat provinsi Lampung ke-46 tahun 2018. "Pelaksanaan MTQ ke-46 tingkat provinsi Lampung akan digelar sejak 26 April hingga 1 Mei 2018 di Islamic Center provinsi Lampung, Al-Kautsar dan MAN 1 Bandar Lampung," jelasnya. 

Hery menerangkan pada MTQ ke-46 tingkat provinsi Lampung  terdapat 8 (delapan) cabang/golongan musabaqah yakni (1) tilawah anak-anak, remaja dan dewasa; (2) Qiraat murottal remaja, qiraat murrotal dewasa, qiraat mujawwad dewasa, tartil, canet; (3) Tahfidz 1 juz, 5 juz dan 10 juz; (4) Tahfidz 20 juz, 30 juz dan tafsir; (5) fahmil Qur`an; (6) syahril qur`an; (7) khottil qur`an; dan (8) musabaqah makalah ilmiah Al-Qur`an (M2IQ). 

Heri menjelaskan MTQ ini diikuti oleh 552 Peserta, 120 dewan hakim, dan 10 pengawas. "MTQ Kali ini berlangsung sederhana, namun tetap bermasyarakat dan tidak mengurangi arti serta maknanya," jelas Heri. 

Ia berharap MTQ ini mampu menghasilkan Qori/Qoriah terbaik yang bisa mewakilkan Provinsi Lampung di tingkat Nasional pada September 2018 di Sumatera Utara mendatang. (Humas Prov).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MTQ Ke-46 Tingkat Provinsi Lampung Resmi Dibuka

Trending Now

Iklan

iklan