PNM Lampung Adakan Pelatihan Bertajuk Pengembangan Kapasitas Usaha Sekaligus Pembukaan Klasterisasi Peternak Sapi Lampung

Iklan

PNM Lampung Adakan Pelatihan Bertajuk Pengembangan Kapasitas Usaha Sekaligus Pembukaan Klasterisasi Peternak Sapi Lampung

Redaksi
Kamis, Oktober 18, 2018 | 16:00 WIB 0 Views Last Updated 2018-10-18T09:01:22Z

Suaralampung.com-Lampung Tengah-Dalam rangka meningkatkan jejaring pemasaran antar kelompok nasabah ULaMM khususnya yang berada di wilayah Lampung. PT Permodalan Nasional Madani cabang Lampung, mengadakan pelatihan bertajuk pengembangan kapasitas usaha "Pembukaan Klasterisasi Peternak Sapi Lampung" bertempat di RM. Prambanan Bandar Jaya Lampung, pada Kamis (18/10).

Kegiatan dihadiri oleh 60 Peserta Nasabah ULaMM dan Mekaar, Petani serta Kelompok Sapi Wilayah Lampung Tengah.
Program Pengembangan Kapasitas Usaha Klasterisasi Sapi menjadi peternak sapi yang sukses dan handal, mendorong kelompok UMK yang memiliki potensi untuk dikembangkan melalui pelatihan maupun pendampingan pada tahun 2018 ini yaitu sentra peternakan sapi wilayah Lampung Tengah Provinsi Lampung. Sentra peternakan ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu yang ditekuni oleh penduduk wilayah Lampung Tengah.

Selain peternak sapi pedaging, mereka juga mulai mengembangkan jenis ternak kambing dan Domba. Kini usaha peternakan ini sudah menjadi mata pencarian utama masyarakatnya.
Dalam menjalankan usahanya secara teknis mereka sudah cukup menguasai, mulai dari penyiapan kandang, bibit, pakan, hingga pemasaran. Namun terkait pemeliharaan kesehatan hewan peliharaannya, mereka belum memiliki pengetahun yang cukup, sehingga sering dijumpai hewan ternaknya tiba-tiba sakit bahkan sampai mati tanpa diketahui penyebabnya, dan menjadi perhatian bagi para peternak sapi.

Selain peningkatan wawasan kewirausahaan menuju optimalisasi Kapasitas Usaha, Salah satu peluang yang potensial untuk dikembangkan yaitu menyangkut pengolahan limbah berupa kotoran hewan dan sisa pakan. Limbah-limbah ini bisa dimanfaatkan untuk bahan biogas dan pupuk organik, termasuk pemanfaatan air seni dari hewan tersebut. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan perihal kesehatan ternak sapi dan pengolahan limbah sapi.

Harapannya dapat terbentuknya Kelompok usaha atau peternak sapi Lampung yang profesional, inovatif, dan berdaya saing tinggi dalam dunia usaha. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan customer retention berupa pengembangan loyalitas nasabah ULaMM dengan pola pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan, sarana penambahan nasabah baru dan top up berkualitas.

Serta memasyarakatkan brand image PNM, sebagai BUMN yang memiliki uniqueness tersendiri dalam menjalin kemitraan terhadap nasabah ULaMM dan sebagai raw model program pengembangan kelompok pengusaha mikro yang mandiri dan berkesinambungan.
Pelatihan menghadirkan narasumber Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Lampung Tengah. Pada kegiatan ini PNM Cabang Lampung bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Lampung Tengah. Program pengembangan kapasitas usaha melalui pelatihan dan pendampingan kepada Nasabah UlaMM cabang Lampung merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan bagi UMKM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.
Saat ini PNM memiliki 2449 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.754 kantor cabang Mekaar.(*)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PNM Lampung Adakan Pelatihan Bertajuk Pengembangan Kapasitas Usaha Sekaligus Pembukaan Klasterisasi Peternak Sapi Lampung

Trending Now

Iklan

iklan