Peringati PGRIP ke 73 Pj. Sekdakab Lepas Kegiatan Jalan Sehat

Iklan

Peringati PGRIP ke 73 Pj. Sekdakab Lepas Kegiatan Jalan Sehat

Redaksi
Jumat, November 23, 2018 | 10:26 WIB 0 Views Last Updated 2018-11-23T03:26:07Z


Suaralampung.Com.
Talang  Padang -- Pj. Sekdakab Tanggamus Hamid H. Lubis, M.Si., mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., menghadiri sekaligus melepas kegiatan Jalan Sehat HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) ke 73 Tingkat Kabupaten Tanggamus yang dipusatkan di Lapangan Tangsi, Kecamatan Talang Padang, Kamis pagi (22/11/18).

Kegiatan Jalan Sehat yang diselenggarakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tanggamus tersebut dihadiri juga oleh Ketua PGRI Provinsi Lampung yang di wakili oleh Bpk. Alfarizal, Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus Aswin Dasmi, Ketua PGRI Tanggamus, Camat Talang Padang Yulinarti, Uspika Kecamatan Talang Padang, para KUPT Dinas Pendidikan, Ketua PGRI Cabang Talang padang, serta para Kepala Sekolah.

Selain kegiatan Jalan Sehat, dilaksanakan juga kegiatan Bhakti Sosial berupa donor darah, penyerahan tali asih kepada Guru yang purna bhakti serta penyerahan trophy dan Piagam kepada para Guru penulis cerita anak, anak remaja dan cerita populer.

Dalam sambutan tertulis Bupati Tanggamus yang dibacakan.Pj. Sekdakab Hamid H. Lubis, atas nama Pemkab Tanggamus Bupati menyampaikan Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke 73 dan semoga momentum tersebut akan menjadikan motivasi para Guru dalam wujud kepedulian, bukti, tekad dan penuh keikhlasan serta kesungguhan dalam membentuk calon penerus bangsa. "Sebagai bangsa yang berdaulat, sekarang ini kita tengah di hadapkan pada pentingnya membangun kesadaran karakter kebangsaan sebagai jatidiri bangsa, dan tak dapat dipungkiri bahwa proses tersebut dibangun dan diawali dalam berbagai jenjang pendidikan formal di sekolah, dengan adanya contoh dan teladan dari para Guru serta sentuhan dalam membimbing dan membina tunas tunas bangsa," katanya.

"Guru memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk karakter peserta didik melalui olah hati, olah rasa dan olahraga. Selain itu Guru juga harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Semua upaya tersebut dilalukan, mengingat urgensi penguatan karakter semakin mendesak dan tantangan berat yang dihadapi bangsa di masa mendatang," tegasnya.

Beliau juga menambahkan bahwa guru harus mampu dan memiliki kompetensi, profesional dan kemampuan dalam menguasai materi secara luas, yang memungkinkan Guru dalam membimbing peserta didik dalam menguasai materi yang diajarkan. Secara bertahap dan berkesinambungan Pemerintah akan melaksanakan peningkatan kualifikasi dan melakukan sertifikasi profesi guru sebagai bagian dari standarisasi kompetensi guru secara nasional. Oleh karenanya Guru yang telah memiliki sertifikasi mendapatkan tunjangan profesi untuk meningkatkan kesejahteraan Guru.

"Bagi guru yang sudah memiliki sertifikat profesi, Pemerintah akan memberikan tunjangan profesi, sebagai bagian dari upaya  meningkatkan kesejahteraan Guru, baik Guru negri maupun swasta, sehingga diharapkan dengan pemberian tunjangan dan dengan diterapkan sistem sertifikasi sebagai profesi tersebut, maka kualifikasi, kompetensi kesejahteraan, harkat dan martabat serta perlindungan Guru akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Tanggamus," tutupnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Pj. Sekdakab melepas Jalan Sehat, yang diikuti ratusan peserta yang antusias mengikuti Jalan Sehat tersebut. (Saripudin/Misbah/Heru/rls-kominfo)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati PGRIP ke 73 Pj. Sekdakab Lepas Kegiatan Jalan Sehat

Trending Now

Iklan

iklan