Rektor IIB Darmajaya Ir.Hi.Firmansyah Y Alfian,MBA.,M.Sc Angkat Bicara Sistem Zonasi PPDB.

Iklan

Rektor IIB Darmajaya Ir.Hi.Firmansyah Y Alfian,MBA.,M.Sc Angkat Bicara Sistem Zonasi PPDB.

Redaksi
Jumat, Juni 21, 2019 | 23:41 WIB 0 Views Last Updated 2019-06-21T16:41:32Z

Suaralampung.com - Lampung -. Bendahara Yayasan Alfian Husin Ary Meizary,SE.,MBA bersama dr.Really Reagen dan Ahmad Muslimin dari TIM Relawan DKI Lampung berdialog dengan Rektor IIB Darmajaya Ir.Firmansyah Y Alfian,MBA.,M.Sc tentang perjalanan Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) yang telah berjalan selama 3(tiga) tahun ini.21/06/2019.

Dalam prolognya Ary meizary, ahmad Muslimin dan really reagen secara umum menanyakan pendapat Rektor IIB DJ dalam pelaksanaan sistem Zonasi PPDB di lampung dan secara nasional.

Firmansyah menerangkan bahwa untuk tahun ajaran 2019/2020 sistem zonasi PPDB TK, SD, SLTP dan SMU/K berdasarkan PERMENDIKBUD No:51/2018 yg di undangkan pada 31/12/2018 mengatur PPDB di laksanakan melalui 3 jalur:
1.Jalur zonasi dengan kuota tertinggi 90%.
2.Jalur Prestasi 5%.
3.Jalur Perpindahan orang tua peserta didik dengan kuota 5%.

Setelah PERMENDIKBUD di undangkan, Maka dalam 6(enam) bulan Pemerintah Daerah menyusun JUKNIS serta Mensosialisasikan kepada masyarakat dan JUKNIS PPDB di terbitkan oleh Kepala Daerah/GUBERNUR yang menjabat. PERMENDIKBUD No.51/18 di dampingi Surat Edaran Bersama(SEB) MENDIKBUD dan MENDAGRI RI No:1 tahun 2018 tentang Pelaksanaan PPDB.
Sedangkan sistem Zonasi PPDB sebelumnya berdasarkan PERMENDIKBUD No:14/2018 yang di undangkan pada 7 mei 2018.

Firmansyah dalam dialog juga mengatakan bahwa pelaksanaan Sistem Zonasi secara nasional selama 3 tahun ini ada kemajuan dalam prakteknya bahkan tahun ini telah gunakan online sehingga transparansi PPDB dapat di lihat oleh calon dan orang tua/keluarga anak didik meski belum sempurna secara keseluruhan dalam prakteknya karna fasilitas pendukung pokok, primer dan sekunder maupun secara teknologi masih minim. Namun demikian Sistem zonasi di terapkan KEMENDIKBUD RI untuk pemerataan akses pada layanan dan kualitas pendidikan. Sehingga tidak ada lagi pradigma sekolah unggulan dan non unggulan di masyarakat. Karna PPDB zonasi dapat tingkatkan juga kualitas sekolahan dengan adanya pemerataan suprastruktur dan infrastruktur dan sebagai upaya negara dalam mencerdaskan anak bangsa sesuai bintang arah PANCASILA.
Sedangkan pelaksanaan Sistem Zonasi PPDB tahun ini di provinsi lampung ada dua hal yang membuat ombudsman RI perwakilan lampung  merekomendasikan Penghentian sementara pengumuman PPDB zonasi di karenakan:
~>JUKNIS PPDB Zonasi di terbitkan oleh KADIS Pendidikan dan kebudayaan lampung bukan di terbitkan oleh Gubernur Lampung MRF.
~>Adanya penambahan syarat Surat Domisili dari DISDUKCAPIL Setempat padahal cukup surat keterangan dari RT/RW di legalisir lurah/KADES/KAKAM/KAKON setempat saja.
Dan dalam pelaksanaan zonasi sebenarnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dapat mengadopsi Program BILLING Walikota Drs.Hi.Herman HN,MM yang telah terlaksana sebelum adanya sistem zonasi PPDB dari KEMENDIKBUD RI. 

Khusus Provinsi lampung  jika mengimani PERMENDIKBUD No:51/2018 maka ada baiknya untuk perhatikan dan tindak lanjuti rekomendasi ombudsman RI perwakilan lampung. Lalu   soal verifikasi dokumen juga dokumen harus valid berbasis digitalisasi untuk menghindari oknum yang bermain agar anak didik di luar zonasi bisa masuk ke sekolah tertentu yang di inginkan. 
Dalam kesempatan ini juga saya ucapkan selamat ulang Tahun ke 58 tahun untuk Presiden RI JOKOWI bergen milenial, semoga pak presiden panjang umur, sehat selalu dan segera dapat wujudkan pemindahan Ibu Kota Negara RI keluar pulau jawa, serta sebagai salah satu pengkaji DKI Lampung saya nyatakan Lampung secara ilmiah dan rasionalitas paling siap jadi lokasi IKN RI, ujar Rektor IIB DJ Ir.Hi.Firmansyah Y Alfian,MBA.,M.Sc.

Berita wartawan suaralampung.com
(R/yus)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rektor IIB Darmajaya Ir.Hi.Firmansyah Y Alfian,MBA.,M.Sc Angkat Bicara Sistem Zonasi PPDB.

Trending Now

Iklan

iklan