250 Warga Kotabumi Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Dengan Rail Clinic

Iklan

250 Warga Kotabumi Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Dengan Rail Clinic

Redaksi
Rabu, Juli 24, 2019 | 16:55 WIB 0 Views Last Updated 2019-07-24T09:55:33Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Kembali untuk yang ketujuh kalinya pada tahun 2019 ini, PT KAI Divre IV Tanjungkarang melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis terhadap 250 warga Kotabumi dengan menggunakan rangkaian Rail Clinic bagi warga sekitar bantaran rel kereta api. Pengobatan gratis kali ini digelar di Stasiun Kotabumi, Rabu (24/7).

Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin, mengatakan kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga pinggir rel.

"Ini merupakan bentuk CSR PT KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silahturahmi," kata Sulthon.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sejak 2017 tersebut bertujuan menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan barbasis jalan rel, sekaligus untuk menyosialisasikan bahayanya masyarakat yang beraktifitas di sekitar rel.

"Kita saling bekerjasama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. Buang sampah jangan di rel kereta dan di saluran yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan, membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat," lanjut Sulthon.

Salah satu warga, Mbah Urip (68), penderita strok selama 4 tahun mengaku terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini, karena mendapat pelayanan tanpa harus ke klinik kesehatan yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalnya.

"Lumayan pelayanannya, tadi dilakukan terapi diperiksa dokter dan diberi obat gratis. Dokter dan perawatnya ramah-ramah lagi, semoga acara ini sering diadakan saja di sini," katanya.

Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, menambahkan, layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, poli gigi, cek kehamilan, poli mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

"Undangan kami berikan sebanyak 250 orang yang pembagiannya kita serahkan kepada pemerintah desa setempat, tetapi bagi masyarakat yang tidak menerima undangpun tetap akan kami layani" jelasnya.

"Selain pengobatan gratis kita juga ada pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SD di sekitar Stasiun Kotabumi dan pembagian tas serta merchandise," katanya. (Tik/Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 250 Warga Kotabumi Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Dengan Rail Clinic

Trending Now

Iklan

iklan