Bupati Canangkan Pekan Pelayanan Tes IVA dan Melaunching Pelayanan USG di Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus

Iklan

Bupati Canangkan Pekan Pelayanan Tes IVA dan Melaunching Pelayanan USG di Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus

Redaksi
Rabu, Oktober 30, 2019 | 12:49 WIB 0 Views Last Updated 2019-10-30T05:49:17Z

Tanggamus Suaralampung.com
Ulu Belu -- Sebagai komitmen Bupati Tanggamus dalam pembangunan bidang kesehatan, Bupati Hj. Dewi Handajani melakukan Pencanangan Pekan Pelayanan Tes IVA dan Sadanis, sekaligus Launching Pelayanan Ulrasonografi (USG) di Puskesmas, Penyerahan Ambulance dan Puskesmas Keliling, serta Penyerahan Piagam Penghargaan Bagi Tenaga Administrasi Teladan Puskesmas, yang dipusatkan di Halaman Puskesmas Ngarip Kecamatan Ulu Belu, Selasa (29/10/19).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang diwakili Dra.Sri Ariyanti, Dandim 0424 Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Ketua DPRD Tanggamis Heri Agus Setiawan, Kajari David Palapa Duarsa, Wakil Ketua DPRD Hi.Tedi Kurniawan, Asisten I Bidang Pemerintahan Faturachman, Asisten III Bidang Administrasi Jonsen Vanisa, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Muhamin Sastranegara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ny. Nuraini Lubis, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati AM. Syafi'i, Ketua Persit Kartika Chandra Tanggamus Ny. Vita Yuliana Safitri, Kadis Kominfo Sabarudin, Kadis Sosial Zulfadli, Plt. Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, GM PT PGE Area Ulu Belu Edi Sudarmadi, Camat dan Uspika Kecamatan Ulubelu, serta  para Kepala UPTD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Unsur Ormas setempat.

Plt. Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan salah satunya adalah Peraturan Menteri Kesehatan No. 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan dan Program 55 Aksi DESA ASIK Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus.

Sementara Bupati Hj.Dewi Handajani, dalam sambutannya mengatakan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. 

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari 55 Program Aksi Desa Asik yang telah kami canangkan ketika kami menjabat sebagai Bupati Tanggamus," kata Bupati. 

Bupati menerangkan bahwa data dari Global Observatory Cancer (Globocan), angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada di urutan ke-8 di Asia Tenggara dan di urutan ke-23 di Asia dengan angka kematian 13,6 per 100.000 penduduk. Sedangkan pada perempuan, kasus tertinggi adalah kanker payudara sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000. Setelah itu kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk. 

Sekitar 40 persen kanker dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko terjadinya kanker tersebut. Salah satu kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah adalah Program pengendalian kanker, khususnya deteksi dini kanker Rahim dan Payudara dengan metoda IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Klinis Payudara Asetat) dan Periksa secara (SADANIS). 

"Selaku Bupati Tanggamus, Saya sangat mendukung kegiatan ini, sehingga para wanita bisa terhindar dari penyakit kanker payudara dan kanker leher rahim. Mari kita sampaikan kepada masyarakat agar seluruh wanita yang sudah menikah ikut dalam pelayanan tes IVA dan SADANIS ini," ajak Bupati. 

Bupati melanjutkan, Pemkab Tanggamus mengutamakan pelayanan yang langsung menyentuh masyarakat, kebijakan ini tertuang dalam 55 Program AKSI DESA ASIK. Terkait bidang kesehatan diantaranya Pengadaan Alat Ultra- sonography (USG) bagi Puskesmas Rawat Inap, sebagai salah satu alat penunjang guna mendukung upaya pelayanan kesehatan secara maksimal bagi ibu hamil yang berisiko tinggi. 

"Untuk tahun 2019 pengadaan USG di distribusikan ke 5 (lima) UPTD Puskesmas Rawat Inap, dan secara bertahap akan diupaya kan kepada seluruh Puskesmas rawat inap se-Kab Tanggamus. Terutama daerah terpencil yang jauh dari Rumah Sakit. Diharapkan dengan adanya peralatan USG di Puskesmas tersebut, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan dapat menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi," imbuhnya.

Masih kata Bupati, untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga telah memberikan Mobil Ambulance dan mengadakan kendaraan Puskesmas Keliling bagi UPTD Puskesmas yang masih membutuhkan kendaraan tersebut yaitu Mobil Ambulance untuk UPTD Puskesmas Kelumbayan Barat dan Mobil Puskesmas Keliling untuk UPTD Puskesmas Kedaloman Kecamatan Gunung Alip. 

"Saya berharap dengan adanya kendaraan ini, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal," ujarnya.

Bupati juga menyatakan dirinya mengapresiasi kinerja dan pengabdian para tenaga medis, tenaga kesehatan dan tenaga administrasi, serta menghimbau untuk terus semangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan terus belajar untuk meningkatkan kompetensi.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan juga kegiatan Bakti Sosial oleh GOW Kabupaten Tanggamus yang merupakan Gabungan beberapa organisasi wanita yang ada di Kabupaten Tanggamus. Baksos dilakukan dalam bentuk Pemberian Sembako dan pemeriksaan kesehatan kepada 100 orang lansia. Kegiatan dilanjutkan dengan Peninjauan Pelayanan USG, Pelayanan Tes IVA dan Sadanis serta pemeriksaan Kesehatan Lansia, oleh Bupati dan undangan yang hadir.(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/AZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Canangkan Pekan Pelayanan Tes IVA dan Melaunching Pelayanan USG di Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan