Wakil Bupati Way Kanan Hadiri Pengajian Akbar di Kampung Suka Dana Kecamatan Buay Bahuga

Iklan

Wakil Bupati Way Kanan Hadiri Pengajian Akbar di Kampung Suka Dana Kecamatan Buay Bahuga

Redaksi
Senin, November 18, 2019 | 06:56 WIB 0 Views Last Updated 2019-11-17T23:57:11Z


Suaralampung.Com.
Way Kanan - Wakil Bupati Way Kanan Hadiri Pengajian Akbar  di Kampung Suka Dana Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan pada Minggu (17/11/19).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Edward Antony mengatakan, Peringatan Maulid Nabi adalah moment penting dalam sejarah peradaban manusia sepanjang masa, baik pada era tradisional maupun pada era modern seperti saat ini, pada peringatan Maulid ini, kita dapat mengambil banyak pelajaran, khususnya dari sejarah hidup Rasulullah dan peradaban dunia lebih dari 14 abad yang lalu. 

Kepribadian Rasulullah SAW bukan hanya sebagai sosok tauladan yang menakjubkan, tapi juga menjadi sumber inspirasi sepanjang sejarah peradaban umat manusia sampai akhir zaman kelak. 
Pada peringatan maulid ini kita juga diingatkan tentang perjuangan Rasulullah SAW, bagaimana beliau meyakinkan masyarakat Arab Jahiliyah akan pentingnya agama Islam yang kita yakini sebagai agama satu-satunya yang diridhoi oleh Allah SWT.

Perjuangan Rasulullah dalam menegakkan Syari'at Islam di tengah masyarakat Arab Jahiliyah ketika itu seharusnya menjadi inspirasi buat kita semua, terutama dalam menegakkan Syari'at Islam secara Kaffah. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bagi kita semua selain mengambil peran kita masing-masing, walau sekecil apapun peran yang kita jalankan, agar Syari'at Islam dapat tegak di Bumi Ramik Ragom ini dan menjadi nafas dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Pemerintah Kabupaten Way Kanan juga senantiasa memperhatikan pembangunan pada sektor keagamaan sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah atau akhlak mulia. 

"Saya sangat yakin bahwa sebuah kemajuan jika tidak diimbangi oleh upaya  pembentukan  karakter  manusia yang dilandasi oleh nilai moral dan keagamaan, maka semua kemajuan tersebut tidak akan pernah mampu mencapai derajat  kemajuan yang hakiki. Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan insentif pada guru ngaji, melaksanakan MTQ baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten," Papar Wakil Bupati.

Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan "Way Kanan Mengaji" terutama untuk siswa sekolah menengah. 

"Kami juga memberikan perhatian serius dibidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial," Kata Wakil Bupati.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa dalam mewujudkan visi dan misi Way Kanan Maju dan Bardaya Saing yang telah kita laksanakan selama ini,  memiliki arti penting bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Way Kanan" Kata Dia.

Lebih lanjut di jelaskan, Baik itu pembangunan dibidang infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, UMKM dan sebagainya.  Atas keberhasilan kita dalam melaksanakan pembangunan pada tahun 2018 lebih dari 23 penghargaan yang kita raih. Pada tahun 2019 ini kembali beberapa program unggulan yang kita laksanakan yang juga meraih sejumlah penghargaan, diantaranya:

1. Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu.

2. Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan telah diapresiasi dengan penghargaan Adipura Katagori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.

3. Berhasil menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesiafra pada 22 Maret 2019.

4. Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai menggeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.

5. Menerima WTP untuk ke-9 kalinya.

6. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama  yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu.

7. Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Way Kanan, bertempat di auditorium Swabessy  gedung  Prof Sujudi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, tanggal 2 Okteber 2019.

Wartawan : Tayib.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Bupati Way Kanan Hadiri Pengajian Akbar di Kampung Suka Dana Kecamatan Buay Bahuga

Trending Now

Iklan

iklan