Dua Terduga Pemerasan Ditetapkan Tersangka oleh Satreskrim Polres Tanggamus

Dua Terduga Pemerasan Ditetapkan Tersangka oleh Satreskrim Polres Tanggamus

Tanggamus - Dua orang terduga ditetapkan sebagai tersangka pemerasan oleh Satreskrim Polres Tanggamus dan seorang lainnya ditetapkan sebagai saksi.

Penetapan setelah Satreskrim Polres Tanggamus melakukan pemeriksaan intensif terhadap tiga terduga tindak pidana pemerasan dengan pengancaman di Dusun Kayu Hubi Pekon Sumanda Kecamatan Pugung.

Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas, SH mengungkapkan, para terduga telah cukup bukti sehingga Kait Mulyadi (47) dan Fatmawati (48) ditetapkan tersangka, sementara seorang lainnya berinisial HS (48) ditetapkan sebagai saksi.

"Dua orang ditetapkan tersangka. Seorang lainnya ditetapkan saksi," ungkap AKP Edi Qorinas mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK., Jumat (12/6/20) siang.

Menurut Kasat, berdasarkan keterangan kedua tersangka itu, bahwa pemerasan terhadap korban dilakukannya sebanyak dua kali dengan kerugian korban keseluruhan sebanyak Rp. 3,5 Jutu.

"Pemerasan pertama diawali pada awal bulan puasa sebesar Rp. 500 ribu dan kedua saat ditangkap Selasa lalu," ujarnya.

Kasat menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka Kait Mulyadi merupakan resedivis kasus penipuan dan penggelapan dan ditangkap Polsek Pulau Panggung pada medio September 2019.

"Tersangka juga telah menjalani vonis pengadilan serta mengikuti program asimilasi pademi Covid-19, sebab harusnya yang bersangkutan bebas pada Nopember 2020," jelasnya.

Ditambahkan Kasat, peran masing-masing tersangka merencanakan dan menemui korban serta manukuti korban untuk memberikan sejumlah uang agar tidak dilaporkan ke polisi. 

"Peran keduanya perencana dan melakukan pemerasan. Sementara saksi AH, hanya diminta untuk mengantarkan ke rumah korban saat ia berkunjung ke rumah Kait Mulyadi," imbuhnya.

Saat ini kedua tersangka telah ditahan di Polres Tanggamus guna proses penyidikan lebih lanjut dan AH selaku saksi telah dikembalikan kepada keluarganya.

"Atas perbuatannya kedua tersangka dijerat pasal 368 ayat 1 KUHPidana ancaman maksimal 9 tahun penjara," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, tiga terduga berinisial KM (47) warga Pekon Sindang Marga, Pulau Panggung, HS (48) warga Pekon Rajabasa, Bandar Negeri Semuong (BNS) dan seorang perempuan FA (52) warga Dusun Kota Raja, Talang Padang ditangkap Tekab 308 Polres Tanggamus, Selasa (9/6/20) pukul 15.00 Wib.

Ketiganya ditangkap dalam dugaan telah melakukan tindak pidana pemerasan dengan pengancaman di Dusun Kayu Hubi Pekon Sumanda Kecamatan Pugung, Tanggamus terhadap korbannya Idim (50).

Dalam penangkapan tersebut, Tekab 308 turut mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp. 3 juta pecahan Rp. 100 ribu, surat tugas LSM, KTA Pers, KTA LSM atas nama terduga KM dan surat tugas dan KTA Pers atas nama terduga FA, dimana seluruh KTA tersebut telah kadalursa pada tahun 2019. 
(Saripudin/Kurdianto/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Terduga Pemerasan Ditetapkan Tersangka oleh Satreskrim Polres Tanggamus"

Posting Komentar