Wabup Apresiasi Sosialisasi Posyandu Remaja di Tanggamus

Wabup Apresiasi Sosialisasi Posyandu Remaja di Tanggamus

Gisting -- Wakil Bupati Hi. AM, Syafi'i, menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Posyandu Remaja di Gedung Serbaguna Pekon Gisting Bawah, Rabu (27/08/2020).

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, sejumlah Perwakilan OPD, Camat Gisting, para Ketua TP. PKK Kecamatan serta para Kepala UPT Kesehatan se- Kabupaten Tanggamus.

Hj. Sri Nilawati Syafi'i dalam sambutannya menyampaikan, sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, TP PKK Kabupaten Tanggamus akan menghadirkan Posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya.

Sri melanjutkan, Posyandu Remaja memiliki tujuan meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA, mempercepat upaya perbaikan gizi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan deteksi dini dan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), dan meningkatkan kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan.

Adapun sasaran kegiatan Posyandu Remaja adalah remaja usia 10-18 tahun, laki-laki dan perempuan dengan tidak memandang status pendidikan dan perkawinan, termasuk remaja dengan disabilitas. Sedangkan untuk sasaran petunjuk pelaksanaan terdiri dari petugas kesehatan, Pemerintah Pekon/Kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan pengelola program remaja, keluarga dan masyarakat, serta kader kesehatan remaja. Dengan kriteria kader Posyandu Remaja, yaitu berusia antara 10-18 tahun, secara sukarela menjadi kader, dan berdomisili di wilayah posyandu remaja tersebut berada.

Sri berharap melalui Posyandu Remaja, akan memberikan manfaat bagi remaja.

"Pertama, remaja akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi beberapa hal seperti kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, pencegahan penyalahgunaan NAPZA, gizi, aktivitas fisik, pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), pencegahan kekerasan pada remaja. Kedua, mempersiapkan remaja untuk memiliki keterampilan hidup sehat melalui PKHS. Ketiga, sebagai aktualisasi diri dalam kegiatan peningkatan derajat kesehatan remaja,harap Sri nilawati," tandasnya.

Sementara Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i menyambut baik dan mengapresiasi atas diselenggarakannya Sosialisasi Posyandu Remaja.

"Ini merupakan Inovasi 
baru kita dalam memperluas fungsi Posyandu. Setelah adanya Posyandu Balita, Posyandu Lansia sampai dengan Posyandu Ternak pun kita ada," ujar Wabup.

Wabup menambahkan, dalam era globalisasi saat ini, terdapat dampak positif dan negatif yang harus disikapi dengan baik. Dampak positif dapat berupa hiburan, pengetahuan dan teknologi, yang diperoleh dan berbagai cara seperti: TV, video, film-film, internet dan sebagainya. Sedangkan dampak negatif yang ditakuti adalah gaya hidup yang sangat menonjolkan sifat individualistik, apatis dan bebas.

Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak timbulnya masalah psikososial pada remaja seperti penyalahgunaan narkoba, perilaku seks bebas dan menyimpang serta 
kriminalitas anak, sehingga banyak mengakibatkan kegagalan pendidikan, atau kegagalan di bidang lain.

"Oleh karenanya, Program Posyandu Remaja ini merupakan program yang sangat bermanfaat. Memberi wadah para remaja dalam mengekspresikan diri pada hal positif yaitu berperan serta dalam bidang kesehatan 
dan keterampilan, serta untuk menghindari perkembangan pergaulan remaja yang makin hari dianggap semakin rawan dan mencegah timbulnya hal-hal yang negatif," pungkasnya. (Saripudin/Kurdianto/Apriadi/Az)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wabup Apresiasi Sosialisasi Posyandu Remaja di Tanggamus"

Posting Komentar