Calon Bupati Pesawaran M. Nasir, S. Ikom, MM Dapatkan Gelar Adat Dalom Cahya Makhga.

Calon Bupati Pesawaran M. Nasir, S. Ikom, MM Dapatkan Gelar Adat Dalom Cahya Makhga.

PESAWARAN - M. Nasir, S. Ikom, MM mendapatkan gelar adat, Dalom Cahya Makhga dari Sultan Bandakh Makhga IV way lima Desa Pasar Baru Kedondong, Penyematan gelar tersebut berlangsung di lamban adat Kekhatun, Desa Pasar Baru, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran, Sabtu (17/10/2020) Pagi.

Sebelum pemberian Adok dimulai terlebih dahulu diawali dengan ngarak arakan dan diiringi pincak silat (khakot lampung) dari kediaman sebatin agus hasan menuju kekhatun Sultan Bandakh Makhga IV Way lima.

Serta Upacara di mulai pemberian gelar diawali dengan pembacaan wayak lampung adat saibatin

Agus Bastian bergelar Sultan Bandakh Makhga IV Way lima menyampaikan, pemberian gelar ini sebagai bentuk penghormatan kepada saudara angkat (angkon kemuakhian) adat lampung saibatin.

Kedatangan calon bupati pesawaran nomor urut 1 M. Nasir disambut langsung dengan meriah oleh para perwatin yang terdiri dari Sultan, ratu, Pemuka adat, pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pemberian gelar diawali dengan prosesi angkat saudara antara Agus Bastian bergelar Sultan Bandakh makhga IV Way lima dan Bapak M. Nasir, S. Ikom, MM, dengan pembacaan surat keputusan, serta prosesi dilanjutkan pemberian gelar adat.

Sultan Bandakh Makhga IV Way lima Desa Pasar Baru kedondong mengatakan,

"Pemberian adok atau gelar ini sebagai memperkuat tali persaudaran kita, Bapak M. Nasir dengan Sultan Bandakh Makhga IV Way lima adat adalah salah satu yang dapat memperjuangkan harkat dan martabat masyarakat dan Adat adalah warisan leluhur budaya bangsa dan Kekuatan masyarakat adat penting untuk mendukung pembangunan di bumi andan jejama dan masyarakat adat Lampung harus lestari, karena merupakan salah satu yang memiliki aksara." kata Sultan Agus
Wartawan: Ryal / Al,Izhar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Calon Bupati Pesawaran M. Nasir, S. Ikom, MM Dapatkan Gelar Adat Dalom Cahya Makhga."

Posting Komentar