Komitmen Wujudkan Energi Berkeadilan, Pertamina Terus Bangun Pertashop Hingga Pelosok Desa di Wilayah Sumbagsel

Iklan

Komitmen Wujudkan Energi Berkeadilan, Pertamina Terus Bangun Pertashop Hingga Pelosok Desa di Wilayah Sumbagsel

Redaksi
Selasa, Oktober 27, 2020 | 16:59 WIB 0 Views Last Updated 2020-10-27T10:07:29Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia kembali mempercepat proses pembangunan Outlet Pertashop dengan PT Pertamina (Persero) demi mendukung perkembangan ekonomi dan kemandirian desa. 

Dengan pembangunan target 40 ribu Outlet Pertashop hingga tahun 2024 sebagai lembaga penyalur resmi BBM, LPG, pelumas, dan produk ritel Pertamina berskala kecil yang digalakkan di desa-desa seluruh Indonesia, diharapkan masyarakat dapat menikmati energi berkualitas dengan akses yang lebih mudah. 

Memastikan target ini dapat tercapai, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Outlet Pertashop kepada calon mitra yang direkomendasikan Pemerintahan Desa, melalui kegiatan sosialisasi bersama Kemendagri RI untuk wilayah Provinsi Lampung, Selasa (27/10). 

Sosialisasi dihadiri , Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Natta Irawan, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina, Jumali, serta jajaran pemerintahan mulai dari Provinsi hingga Desa wilayah Lampung. 

Natta Irawan, dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung dan Pertamina atas kolaborasinya dalam menentukan titik dan proses pembangunan Pertashop. Menurutnya sinergi ini bisa mempercepat tercapainya tujuan Pertashop yakni pemerataan akses energi bagi masyarakat serta pertumbuhan ekonomi pedesaan. 

"Intinya adalah komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya serta mendukung percepatan perizinan yang diperlukan untuk pelaksanaan program Pertashop. Kunci pembangunan ada disini, makin cepat, maka makin cepat juga masyarakat dan perekonomian desa menerima manfaatnya," jelas Natta Irawan dalam sambutannya. 

Natta melanjutkan, Kemendagri RI juga melakukan tugas pembinaan dan pengawasan secara umum kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten atau Kota, serta Penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk percepatan pencapaian target program pertashop ini. "Sumber daya manusia juga sekaligus kita tingkatkan kualitasnya, ini adalah bentuk pembinaan yang kita perlukan untuk mengimbangi pertumbuhan jumlah Pertashop," tambah Natta. 

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi turut menyampaikan apresiasi serta komitmen seluruh jajarannya dalam proses pembangunan Outlet Pertashop. "Pertashop adalah amanah untuk membangun potensi desa dan seluruh perangkatnya. Kami sudah menentukan titik Pertashop di seluruh 2.400an desa di Provinsi Lampung, selanjutnya kami akan sinergi dengan Pertamina untuk menentukan kelayakannya," ujar Arinal.

Selain itu, Arinal juga akan bersinergi dengan Pertamina memastikan standar pelayanan, keselamatan, serta operasional Pertashop. "Standar harus kita jaga, selain mendorong pertumbuhan ekonomi kita juga harus mengedukasi petugas ataupun perangkat desa bahwa ini adalah obyek vital yang harus dijaga dan memberikan kepercayaan bagi masyarakat yang ingin membeli," tambahnya. 

Sementara itu, Jumali mengatakan Pertamina disini diberikan amanah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa agar makin berkembang. Karenanya, kerjasama kemitraan bisnis Outlet Pertashop ini dibuka untuk Pemerintahan Desa, Koperasi, dan pelaku usaha atau UKM untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa. 

"Program Pertashop bersama Kemendagri RI ini sejalan dengan program Pertamina One Village One Outlet (OVOO) Pertamina. Sebagai bentuk pemberdayaan Pemerintahan Desa, Pertamina memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop sehingga kehadiran Pertashop selain mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat desa, juga dapat menggerakkan perekonomian desa dan manfaatnya dirasakan langsung masyarakat, " ujar Jumali. 

Pada tahun 2020 Pertamina, menargetkan 4.558 Pertashop di seluruh wilayah Indonesia. Adapun hingga bulan Oktober ini, terdapat total 753 outlet Pertashop yang sudah dan akan siap beroperasi di Indonesia. 

Untuk wilayah Lampung, Executive General Manager Regional Sumbagsel PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Asep Wicaksono hadi memaparkan, saat ini telah beroperasi 17 Outlet Pertashop yang tersebar di Kota atau Kabupaten berikut: 

- 5 titik di Lampung Selatan
- 1 titik di Pesawaran
- 4 titik di Lampung Timur
- 4 titik di Mesuji
- 3 titik di Tanggamus 

"Pertamina terus mempercepat pembangunan Pertashop untuk mencukupi kebutuhan energi bagi masyarakat di pelosok desa dan masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi SPBU. Dengan demikian masyarakat tidak kesulitan akses lagi mendapatkan produk-produk Pertamina," jelas Asep. 

Sementara di wilayah Sumbagsel total Outlet Pertashop yang sudah beroperasi sebanyak 42 titik dari total target pemerintah tahap I tahun 2020 sebanyak 59 titik. Selain itu, dengan dibukanya pembukaan Outlet Pertashop untuk umum, untuk Sumbagsel sudah masuk pendaftaran peminat usaha Pertashop sebanyak 238. 

Dari segi kualitas, Asep memastikan produk yang dijual di Outlet Pertashop memiliki standar yang sama dengan yang dijual di SPBU termasuk dari segi faktor keamanan dan akurasi takarannya sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. 

"Pasokan BBM disalurkan langsung menggunakan mobil tangki dari Fuel Terminal terdekat dari lokasi Pertashop. Dengan harga yang sama seperti di SPBU, masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya tanpa harus berkendara lebih jauh untuk mengisi BBM," tambahnya. 

Dalam pengurusan bisnisnya, Outlet Pertashop dilakukan secara langsung atau tanpa perantara melalui pengajuan di website resmi Pertamina. Untuk informasi terkait Pertashop, produk, dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Call Center 135. (Tik/Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komitmen Wujudkan Energi Berkeadilan, Pertamina Terus Bangun Pertashop Hingga Pelosok Desa di Wilayah Sumbagsel

Trending Now

Iklan

iklan