Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T Hadiri Acara Penganugerahan (STBM) Award

Iklan

Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T Hadiri Acara Penganugerahan (STBM) Award

Redaksi
Jumat, November 13, 2020 | 21:35 WIB 0 Views Last Updated 2020-11-13T14:50:31Z

WAY KANAN-Pjs. Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP,  menghadiri dan mengikuti Acara Penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) STBM Ke-4 Tahun 2020 secara virtual, di Ruang Rapat Utama Pemkab Setempat, Jum'at (12/11/2020) siang.
Hadir pula Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Selan, S.Sos, M.M, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs. Rudi Joko Kurnianto, S.H, Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, S.KM, M.Kes, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Romi Ferizal, S.T, M.T, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Handoyo Retno, S.E, M.M, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan kampung, Ixuan Ahmadi, S.Sos.

Acara tersebut  mengangkat tema "Air Minum dan Sanitasi Aman Menuju SDGs 2030" itu, merupakan Penghargaan STBM ke-3 yang diselenggarakan Direktorat Kesehatan Masyarakat, Penghargaan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kesehatan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota serta pelaku institusi dan tokoh masyarakat yang telah mengubah perilaku masyarakat menjadi higienis dan solider.

Anugerah STBM Award tersebut terdapat 7 Kategori Penghargaan STBM Award Berkelanjutan yaitu Kategori Sanitarian dari Kabupaten/Kota, Kategori Natural Leader, Kategori Lurah/Kepala Desa, Kategori Kabupaten/Kota ODF 100%, Kategori Penciptaan Lingkunngan Kondusif (Enabling Environment), Kategori Peningkatan Kebutuhan Sanitasi (Demand Creation) dan Kategori Pemenuhan Kebutuhan Sanitasi (Supply Creation).
Penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk kategori Kabupaten/Kota ODF 100 %,  dengan kriteria yang mempunyai inovasi terbaik dalam Pencapaian STBM Berkelanjutan terhadap 5 (lima) Pilar STBM, yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (ODF), Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga, dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.
Selain itu, Way Kanan juga meraih penghargaan untuk kategori Kepala Desa Mitra STBM Terbaik, yaitu Abdullah Candra Kurniawan, Kepala Kampung Bumi Baru, Kec. Blambangan Umpu, dan kategori Natural Leader Mitra STBM Terbaik, yaitu Wayan Lameg, S.Pd, yang juga merangkap sebagai Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Kec. Banjit.


Pjs. Bupati Mulyadi Irsan pada kesempatan itu juga berharap agar tiga jenis  penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Way kanan tersebut menjadi motivasi untuk mencapai penghargaan yang lebih serta dapat menjadi motivasi baik bagi Para Pejabat Pemkab Way Kanan,  masyarakat maupun aparatur kampung/desa untuk berbuat lebih baik dan mencapai hasil yang lebih baik.

"Atas nama Pemda Way Kanan Saya merasa bangga, semoga penghargaan yang berhasil diraih ini dapat memotivasi diri sendiri dan masyarakat serta aparat kampung lain untuk bersama-sama mencapai prestasi yang membanggakan serta agar masyarakat benar-benar sadar untuk Stop BABS dan menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)", ujar Pjs. Bupati Mulyadi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan Anang Risgiyanto menambahkan Bahwa STBM ini diberikan kepada Kabupaten Way Kanan dengan kategori Kabupaten terbaik yang sudah Stop BABS  Tahun 2018/2019 mempertahankan status ODF dan inovasi STBM 5 Pilar.

"Ini sebagai bentuk pengakuan dari Pemerintah Pusat atas kinerja Bidang Kesehatan dalam mewujudkan sanitasi total berbasis masyarakat. Hanya 16 Kabupaten/Kota dari 514 kab/kota Se Indonesia yang menerima penghargaan STBM berbagai Kategori." Jelas Anang Risgiyanto.

Pencapaian Keberhasilan Kabupaten Way Kanan meraih Tiga Kategori STBM Award ini sebagai hasil dari komitmen pimpinan, Stake holder yang terlibat, juga atas peran serta masyarakat dan juga dunia usaha.(Rls)

Wartawan : Tayib




 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T Hadiri Acara Penganugerahan (STBM) Award

Trending Now

Iklan

iklan