Peternak Lebah Madu Area Gunung Rajabasa Harapkan Perhatian dan Dukungan Pemkab Lamsel

Peternak Lebah Madu Area Gunung Rajabasa Harapkan Perhatian dan Dukungan Pemkab Lamsel

Suaralampung.com, Lampung Selatan – Peternak lebah asal Desa Canggu, Kecamatan Kalianda pembudidaya lebah madu jenis Heterotrigona Itama  dikebun miliknya yang berada dikaki bukit Gunung Rajabasa, mendambakan bantuan dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan

Peternak  berharap pemerintah  turut serta memperhatikan usaha produksi madu asli hasil dari peternak lokal  yang sudah sejak lama ditekuni masyarakat kalianda disekitar area gunung Rajabasa saat ini.

Agus Mauludin (26), salah seorang peternak madu Trigona mengatakan, saat ini perlu diketahui oleh Pemerintah Kabupaten, bahwa ada sektor usaha yang juga mempunyai potensi ekonomi bila dikembangkan oleh peternak lebah warga Kalianda khususnya warga  yang berada di kaki bukit gunung rajabasa, sebenarnya telah banyak warga yang berternak dan membudidayakan lebah madu jenis Trigona yang sangat terkenal khasiatnya dinusantara, namun Agus mengaku, masih diperlukan pendampingan yang lebih efektif dan nyata terhadap para peternak madu. Bisa dibilang sudah lama masyarakat beternak lebah madu, namun memang saat ini para peternak lebah madu yang ada dikalianda ini memang belum terorganisir dengan baik.  Agus khwatir, bila ini dibiarkan para peternak lebah madu ini  bakal meninggalkan kegiatan beternak lebah madu merka karena hasil produksi dari menjual madu belum mencukupi kebutuhan rumah tangga mereka, ujar pria yang akrab disapa Agus ini saat dijumpai dilokasi peternakan lebahnya, Kamis (28/1/21).

Menurut Pria yang sudah lama menggeluti profesi budidaya lebah madu Trigona ini sangat memahami sekali baik musim atau siklus panen ataupun perkembangan dan hasil produksi lebah madu Trigona sebetulnya sangat prospek dikembangkan didaerah bukit Gunung Rajabasa,karna tingkat hasil produksi lebah madu ini hanya dipengaruhi oleh faktor iklim sepeti musim penghujan ataupun pada saat tumbuhan atau musim buah-buahan yang sedang berbunga disekitar wilayah peternakan lebah madu tersebut. 

Untuk itu Agus berharap agar usaha dibidang penghasil madu trigona ini juga diperhatikan oleh Pemerinta Kabupaten Lampung Selatan  seperti sektor usaha lainya. Saya  yakin bila para peternak lebah ini bila didukung dan diperhatikan oleh pemerintah setempat , seperti diberikan penyuluhan atau pendapingan tentang kiat-kiat budidaya lebah madu yang baik, seperti bagaimana mengembangkan dan meningkatkan produksi madu pada lebah madu Trigona dari dinas terkait yang ada dikabupaten ini.

Sehingga nantinya dapat meningkatkan taraf hidup para peternak lebah dan dapat memajukan disektor usaha kecil menengah (UMKM) bila pengembangan Budi Daya Madu Trigona berhasil dan didukung dalam pemasaran madu trigona, seperti promosi dan bantuan permodalan untuk pengembangan dan peningkatan usaha peternak madu Trigona yang ada di kalianda ini saya yakin usaha ini dapat menjadi usaha andalan bagi warga yang ada disekitar Gunung Rajabasa.

"Peternak madu Trigona asal Desa Canggu kecamatan Kalianda ini bahkan menjamin keaslian produk madu yang dipasarkan 100% asli tidak ada campuran apapun. Bahkan kami bersedia di uji lab oleh dinas terkait untuk keaslian madu Trigona ini sehingga hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen itu sendiri, karna kita ketahui semakin baik kualitas mutu madu tersebut maka semakin baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia yang mengkonsumsinya" ujar Agus.

Lebih lanjut Agus menjelsakan baik dalam pengolahan dan pemasaran semuanya kita lakukan sendiri dengan menjaga kualitas madu Trigona yang kami hasilkan agar dapat diterima dipasaran, dan Alahadulilah saat ini hasil madu kita juga sudah banyak yang pesan sampai keluar daerah provinsi lampung,seperti Medan, Jogja, Seragen dan trakhir kemarin saya juga kirim hasil produksi madu Trigona saya ini ke Daerah Tabanan Pulau Bali, itupun kami melakukan Promosi hanya dari Sosial Media Sendiri.

 "Alhamdulilah pesanan madu Trigona asal Kalianda ini sangat diminati para pemesan dan itu artinya kualitas keaslian madu Trigona asal Kalianda ini memang benar dan tidak diragukan keaslianya, terbukti hasil kualitas madu Trigona asal kalianda mampu bersaing dengan madu yang sudah ada di pasaran,  Madu asli Trigona ini umumnya kami jual dengan hargaRp 150.000 per botol ukuran 250 ml, dan bisa dipesan di Desa Canggu melaui saya sendiri atau juga bisa melaui petani langsung yang ada diperkebunan di sekitar Gunung Rajabasa" Jelas Agus. (Man)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peternak Lebah Madu Area Gunung Rajabasa Harapkan Perhatian dan Dukungan Pemkab Lamsel"

Posting Komentar