Bag Sumda Polres Tanggamus Gelar Pelatihan Teknologi Informasi kepada Bhabinkamtibmas

Iklan

Bag Sumda Polres Tanggamus Gelar Pelatihan Teknologi Informasi kepada Bhabinkamtibmas

Redaksi
Kamis, Maret 25, 2021 | 15:03 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-25T08:11:33Z

Tanggamus Suaralampung. Com. - Perwakilan Bhabinkamtibamas jajaran Polres Tanggamus mengikuti pelatihan teknologi informasi (TI) yang digelar Bag Sumda di Aula Wirasatya Mapolres, Kamis (25/3/21).

Kegiatan bertajuk "Menjadikan SDM Polri Yang Unggul di Era Police 4.0" itu dibuka Kabag Sumda Kompol IGK. Wibawa mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK dan diampingi Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas juga diberikan pelatihan dengan materi teknologi informasi oleh Kasitipol Ipda Santoso serta keterampilan berkomunikasi oleh Subbag Humas.

Kabag Sumda Kompol IGK. Wibawa mengatakan pelatihan dimaksudkan agar personel Bhabinkamtibmas pada era digital 4.0 mampu mengimbangi dalam pelayanan kepada masyarakat berdasarkan IT. Sebab Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak dan garda terdepan di wilayah Pekon.

"Tiada hari tanpa hal baru, maka kita laksanakan pelatihan ini sehingga di era digital 4.0 ini, bagaimana merangkul masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing-masing dengan memanfaatkan TI," kata Kompol IGK. Wibawa dalam sambutannya.

Kabag berharap, Bhabinktimbas terus melakukan hal yang bersifat positif demi kebaikan organisasi, masyarakat maupun diri sendiri sebagai personel kepolisian.

"Bagaimana rekan-rekan bekerja dengan baik yang diharapkan membawa dampak baik kepada institusi maupun masyarakat serta diri sendiri," tegasnya.

Sementara itu, Kasat Binmas mengungkapkan pekerjaan Bhabinkamtibmas dikedepan akan bertambah menjadi 5 kegiatan sesuai arahan pimpinan.

Adapun 5 tugas Bhabinkamtibmas meliputi, pertama;  program KTN dengan membentuk 1 KTN disetiap Pekon dan  1 diantaranya diangkat menjadi KTN Tingkat Kecamatan. 

Kedua; Tool smart Bhabinkamtibmas dimana Bhabinkamtibmas sebagai sahabat masyarakat dan pusat informasi. 

Ketiga;  Binkamsa (Pembinaan Keamanan Swakarsa) Satpam dimana sesuai Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa Satpam telah memakai seragam yang baru. 

Untuk itu Bhabinkamtibmas harus mengetahui dan melakukan pembinaan agar tidak melakukan perbuatan tercela.

"Agar Bhabinkamtibmas juga mengingatkan kepada Satpam sebelum Agustus 2021, Satpam agar melakukan Diksar sebab jika tidak ada Diksar maka pemakaian seragam baru tidak diizinkan," ujar.

Keempat; Binkamsa (Pembinaan Keamanan Swakarsa) terhadap Pamswakarsa terhada Satkamling yang sebelumnya Sikamling.

Terakhir yang kelima; Binmas Online System (BOS) dengan melaporkan seluruh kegiatan Bhabinkamtibmas secara online melalui aplikasi yang telah disediakan.

"Agar seluruh Bhabinkamtibmas melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas serta memahami tugas-tugasnya," tandasnya. (*Saripudin/tim)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bag Sumda Polres Tanggamus Gelar Pelatihan Teknologi Informasi kepada Bhabinkamtibmas

Trending Now

Iklan

iklan