Kepala Divisi Pemasyarakatan Lampung Bersama Tim Psikolognya Hadir di Lapas 1 Tanggerang

Iklan

Kepala Divisi Pemasyarakatan Lampung Bersama Tim Psikolognya Hadir di Lapas 1 Tanggerang

Redaksi
Senin, Oktober 04, 2021 | 19:29 WIB 0 Views Last Updated 2021-10-04T12:29:23Z

Betiklampung.com, Tangerang –

Divisi Pemasyaraktan Kementerian Hukum dan HAM Lampung bersama tim psikolog (Ikatan Psikolog Klinis Banten, Jakarta, Jawa Timur dan Lampung ). Mengadakan dukungan Psikososial dan empaty dengan WBP dan sesama Petugas Pemasyarakatan Lapas kelas I Tangerang. Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi dalam 
Siaran Pers ataupun Press Rilis kepada awak media, Senin (04/10)

Kegiatan ini merupakan dukungan Pemasyarakatan Lampung sebagai wujud simpati dan empaty. Melalui dukungan Psikososial diharapkan yang terdampak  yaitu petugas (12 orang)  dan WBP (62 orang)  pada saat terjadinya musibah kebakaran dapat kembali bekerja beraktifitas tanpa ada hambatan Psikologis yang mempengaruhi prilaku untuk melaksanakan tugas keseharianya secara normal, produktif dan menjadi lebih baik. 

Menurutnya, dukungan psikososial ini dimulai dengan melaksanakan Asessment petugas dan WBP yang bertujuan menilai sejauh mana dampak psikologis musibah kebakaran. Dengan langkah awal ini selanjutnya bisa diberikan intervensi psikologi berupa pembentukan pola pikir positif, merilis emosi, menghilangkan pola pikir negatif yang irrasional menjadi energi positif yang rasional realistis dengan memahamkan makna hidup kehidupan dan meningkatkan kebersyukuran. 

"Pada akhirnya kita berharap melalui dukungan Psikososial ini petugas dan WBP yang terdampak dapat kembali menjalani kehidupanya dengan ketahanan serta stabilitas emosi yang lebih baik dengan pola pikir yang rasional realistis.
Pengenalan dan pemahaman diri serta lingkungan sekitar terhadap petugas dan WBP terdampak menjadi lebih baik adalah harapan kami dengan kegiatan dukungan Psikososial ini," tutur Farid Junaedi.

Selain itu, lanjut Kepala Divisi Pemasyarakatan, kegiatan ini juga mampu mengembangkan rasa empaty sesama petugas Pemasyaraktan. Memanusiakan manusia terhadap WBP sebagai tujuan pelaksanaan pemidanaan hanya bisa dilakukan oleh seorang yang memiliki kompetensi dibidangnya yaitu Psikolog Klinis didukung oleh keilmuan dibidang Pemasyarakatan. (Rls/Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kepala Divisi Pemasyarakatan Lampung Bersama Tim Psikolognya Hadir di Lapas 1 Tanggerang

Trending Now

Iklan

iklan