Kemendagri Melalui Virtual Meeting Wabup Tanggamus Ikuti Rapat Penyerapan Anggaran Daerah 2021

Iklan

Kemendagri Melalui Virtual Meeting Wabup Tanggamus Ikuti Rapat Penyerapan Anggaran Daerah 2021

Redaksi
Senin, November 22, 2021 | 20:32 WIB 0 Views Last Updated 2021-11-22T13:32:46Z

Tanggamus Suaralampung.com. Kotaagung Timur--- Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, mengikuti Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 bersama Kementerian Dalam Negeri, melalui virtual meeting, di Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (22/11/2021).

Rapat dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, juga diikuti secara virtual oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta para Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia.

Mendagri Tito Karnavian, dalam arahannya mengatakan dimasa situasi pandemi ini, pihaknya memahami bahwa Pemerintah Daerah mengalami kontraksi pendapatan, sehingga tidak sesuai dengan harapan, atau mengalami penurunan realisasi pendapatan.

"Kalau kita melihat realisasi pendapatan, ini gabungan dari Pusat, transfer, maupun dari PAD, terjadi penurunan konsentrasinya. Di Tahun 2020, untuk pendapatan berada diatas 85,86 persen per 30 November 2020, kemudian data kita per tanggal 19 November 2021, pendapatan gabungan Provinsi dan Kabupaten/Kota sebesar 79,19 persen, jadi menurun secara persentase", ungkap Mendagri.

Lanjut Tito, rapat digelar bertujuan untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan Realisasi Penyerapan Anggaran Daerah TA 2021, guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah dan memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi Penyerapan Anggaran Daerah TA 2021 per 19 November 2021. Termasuk informasi beberapa Pemerintah Daerah yang realisasi pendapatannya rendah atau dibawah rata-rata.

Usai pelaksanaan rakor, Wabup AM. Syafi'i menyampaikan harapannya agar perangkat daerah dapat mengevaluasi kinerja terkait anggaran daerah.

"Semoga dengan penjelasan Kemendagri dan Kementerian Keuangan, kita bisa mengambil langkah-langkah apa lagi dalam menghadapi tahun 2022 nanti."

"Kita juga mengantisipasi terhadap wabah pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi terjadi kontraksi dan kita juga melakukan upaya-upaya dalam pencegahan terutama melakukan percepatan vaksinasi," tutup Wabup.

Turut hadir mendampingi Wabup, Inspektur Ernalia, Sekretaris Inspektorat Gustam Apriyansah, Kabid Akutansi BPKD Ria, serta perwakilan dari Bapelitbangda Tanggamus.(Saripudin/Apriadi/Azh)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendagri Melalui Virtual Meeting Wabup Tanggamus Ikuti Rapat Penyerapan Anggaran Daerah 2021

Trending Now

Iklan

iklan