Ketua MUI Lampung : Terorisme di Lampung Dari Kelompok Khawarij

Iklan

Ketua MUI Lampung : Terorisme di Lampung Dari Kelompok Khawarij

Redaksi
Sabtu, November 06, 2021 | 19:02 WIB 0 Views Last Updated 2021-11-06T12:02:49Z

BANDAR LAMPUNG-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Prof Moh Mukri mengimbau pemerintah lebih tegas dan mendukung sepenuhnya penangkapan terduga teroris. Pasalnya, banyak kalangan khawarij, islam garis keras yang sangat tekstual dalam memahami agama. 

Kelompok wahabi salafi ini yang sering jadi pemicu lahirnya gerakan-gerakan terorisme.

 "Awalnya sekadar menyalahkan amaliah orang lain, lalu menganggap bidah, sesat, dan kemudian berani mengkafirkan liyan," ucap Prof Mukri pada  Sabtu, (6/11/2021).

Seiring penangkapan beberapa orang di Lampung oleh Densus 88 Mabes Polri, semua disebut terkait dengan kelompok pengajian salafi wahabi. "Pemahaman yang salah, jangankan sekarang, periode zaman nabi Muhammad SAW saja, ada orang khawarij yang berani menyatakan pada Rosulullah SAW agar berbuat adil terkait pembagian ghanimah," jelas dia.

Mereka, lanjut Rektor UIN Raden Intan Lampung itu, banyak memahami agama secara keliru. Bukan mempermudah dan memberi kabar gembira, justru menyulitkan dan membuat ummat banyak yang lari dari agamanya.

 "Lahuma sirro walatuasir, wabasira walatunasira, mudahkanlah setiap urusan dan janganlah mempersulit, dan berilah kabar gembira," kata Mukri mengutip hadist Nabi Muhammad SAW.

Penangkapan sejumlah terduga teroris, jelas dia, terhubung dengan orang-orang yang berpaham di luar NU dan Muhammadiyah.

 "Mereka banyak yang meninggalkan asbabul nujul ayat, jadi memahami agama sangat tekstual."

MUI Lampung sendiri, menurut dia, bakal lebih intensif membentengi pelajaran agama islam yang diajarkan pada anak-anak. Akan tetapi, negara juga harus hadir. Jangan sampai hanya menjadikan MUI Lampung sebagai pemadam kebakaran saja. 

"Begitu juga dengan para orang tua, harus lebih selektif mencarikan guru agama, jangan sembarangan."

Bukan hanya menyasar kelompok pengajian salafi, sejumlah terduga terorisme juga mulai masuk ke dalam pondok pesantren. Hal itu terkuak setelah aparat anti-teror Densus 88 Polri menangkap beberapa pengajar di Ponpes Al Muhsin, Kota Metro. 

Pondok Al Muhsin, merupakan jejaring dengan Ponpes Ngruki, Solo yang sudah dianggap jadi markas JI dan MMI. Begitu juga di Kabupaten Pesawaran, ada Ponpes Nurul Iman, selain itu disebut juga Ponpes Ulul Albab dan Babul Hikmah.(Rilis)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua MUI Lampung : Terorisme di Lampung Dari Kelompok Khawarij

Trending Now

Iklan

iklan