Bupati Hj.Dewi Handajani Hadiri Peringatan HUT ke-22 DWP Tanggamus

Iklan

Bupati Hj.Dewi Handajani Hadiri Peringatan HUT ke-22 DWP Tanggamus

Redaksi
Senin, Desember 20, 2021 | 20:58 WIB 0 Views Last Updated 2021-12-20T13:58:22Z

Tanggamus Suaralampung.com. Gisting -- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang ditempatkan di objek wisata Bukit Idaman Gisting, Senin (20/12/2021).

Turut hadir Wakil Bupati Hi. AM. Syafe'i, Sekretaris Daerah Hamid Heriyansyah Lubis, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua Ikada, Ketua Bayangkari, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Adhyaksa Dharma Karini, Ketua Dharma Yukti Karini Tanggamus, Ketua DWP Kementerian Agama Tanggamus, serta para Asisten dan Kepala OPD Pemkab Tanggamus. 

Ketua DWP Tanggamus Ny. Nuraini Hamid Lubis, dalam sambutannya mengatakan HUT ke-22 DWP kali ini mengusung tema; 'Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM'. 

"Tema ini sengaja kami angkat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan dan memastikan bahwa program-progam kerja DWP saat ini dan kedepan senantiasa berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat melalui pendidikan, ekonomi dan sosial budaya."

"Selama kurang lebih dua tahun pandemi Covid-19, telah meluluh lantakkan banyak sendi kehidupan, terutama sendi kesehatan mental dan perekonomian keluarga, tidak terhitung berapa banyak keluarga Indonesia yang kehilangan anggota keluarga yang sekaligus merupakan tulang punggung keluarga. Hal ini tentu meninggalkan jejak kesedihan yang dapat mengganggu kesehatan mental dan perekonomian keluarga," terangnya. 

Nur'aini melanjutkan, dalam rangka memperingati HUT ke-22 DWP telah diselenggarakan berbagai kegiatan, yang telah berjalan dengan baik dan sukses, seperti bakti sosial, webinar dan talkshow. 

Dirinya berharap melalui peringatan HUT ke-22 DWP dapat difokuskan untuk tujuan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha UMKM khususnya anggota DWP  dalam mempertahankan usahanya dimasa pandemi Covid-19, juga meningkatkan kepercayaan diri dalam berusaha dan
menjaga kesehatan mental.

"Dimana dalam pelaksanaannya pun kami menggunakan Slogan; 'Bersama Membangun
Ketahanan Perempuan Indonesia: Mental Sehat, Bisnis UMKM Pulih'. Slogan ini merupakan penyemangat dan pengingat kita semua bahwa kita adalah merupakan perempuan berdaya saing global."

"Kami berharap keberadaan anggota DWP dan keluarganya di seluruh wilayah Indonesia ini menjadi role model dan simpul pemersatu bangsa. Dengan keanggotaan yang demikian besar, maka sangat tepat DWP memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah. Hal ini terlihat dengan jelas dari Rencana Strategis DWP dan implementasi program-program kerjanya di tiga bidang utama kegiatan DWP
yaitu bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya, yang mengacu kepada Rencana Aksi Nasional yang ditetapkan pemerintah sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals)," tandasnya. 

Sementara, Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya berharap para anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus yang merupakan organisasi istri PNS yang mempunyai potensi yang besar dari tingkat kabupaten sampai tingkat kelurahan. Untuk dapat memberikan dukungan dan komitmen penuh terhadap pemerintah daerah dalam bentuk peran aktif membantu program pemulihan ekonomi nasional dan daerah sebagai dampak pandemi Covid-19. 

"Selain itu saya minta untuk mendukung program percepatan vaksinasi di seluruh wilayah kecamatan dan pekon se Kabupaten Tanggamus. Kita telah melaksanakan vaksinasi ditiap pekon dan puskesmas
se Kabupaten Tanggamus. Angka Vaksinasi Covid-19 sudah mencapai angka lebih dari 60%, dan akan terus kita genjot, paling tidak di angka 70% pada awal 2022," harap Bupati. 

Bupati juga mengapresiasi DWP Kabupaten Tanggamus yang dapat memberikan kontribusi dan komitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yakni mewujudkan masyarakat sehat jasmani dan rohani, serta ikut andil dalam membantu mengembangkan dan mempromosikan produk unggulan UMKM Kabupaten Tanggamus dalam meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak kepada segenap pengurus dan anggota DWP untuk menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun DWP ke-22 ini sebagai jembatan untuk bersinergi antara satu dengan lainnya, sehingga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik khususnya bagi kiprah dan peran DWP. Baik kiprah dan peran sebagai ketahanan keluarga dan juga dalam meningkatkan kinerja suami," ujar Bupati. 

Lanjut Bupati, peringatan HUT DWP hakekatnya merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kiprah dan pengabdian perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Namun juga harus dipahami bahwa peringatan HUT DWP bukan hanya kegiatan seremonial belaka, akan tetapi hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk kilas balik sejarah terbentuknya DWP, serta merefleksikan atas kontribusi apa yang telah diberikan bagi kemajuan DWP Kabupaten Tanggamus.

"Saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-22 Dharma Wanita Persatuan. Harapannya Dharma Wanita Persatuan semakin kokoh dalam mengemban visi dan misinya." 

"Semoga Allah SWT, senantiasa mencurahkan nikmat sehat dan memberkahi Kabupaten Tanggamus agar lebih maju dan berkembang,"harap Bupati.(Saripudin/Apriadi/Azh) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Hj.Dewi Handajani Hadiri Peringatan HUT ke-22 DWP Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan