Hasil Panen Kolam IC Tubaba Mencapai 8,163 Ton.

Iklan

Hasil Panen Kolam IC Tubaba Mencapai 8,163 Ton.

Redaksi
Rabu, Desember 29, 2021 | 00:51 WIB 0 Views Last Updated 2021-12-28T17:51:17Z


Tubaba --- Hasil peremajaan panen Kolam Islamic Center Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mencapai total 8,163 Ton.

Demikian itu berdasar laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Kolam Islamic Center Tubaba, Saryo Hadi, saat rapat bersama penyampaian hasil peremajaan di Masjid Baitus Shobur, Selasa (28/12/2021) pukul 20.00 Wib.

"Alhamdulillah dari peremajaan Kolam Islamic Center Tubaba selama 6 hari yang dilakukan secara berturut-turut sejak tanggal 20 Desember lalu, hari ini kita telah mendapatkan hasilnya dengan menggelar rapat sekaligus Tasyakuran." Ujarnya.

Dipaparkannya, adapun perolehan daripada hasil kegiatan peremajaan tersebut yakni, untuk panen Ikan Nila diperoleh 3,562 Ton, Ikan Mas 622,4 Kg, dan Ikan Patin 3,978 Ton.

"Adapun total pendapatan dari hasil penjualan Ikan diperoleh Rp.130.153.000. Dan dari hasil itu, Rp.14.100.000 ribu dikeluarkan untuk biaya pemanenan, dan Rp.1.800.000 untuk Operasional kepanitiaan." Terangnya.

Dengan demikian, kata dia, Total saldo sisa Rp.114.253.000 yang telah diserahkan kepada Bendahara Masjid Baitus Shobur pak Karyawanto. 

"Dari sisa Saldo itu, akan digunakan kembali untuk biaya normalisasi Kolam seperti penyedotan lumpur, dan juga pembelian bibit Ikan Patin, Mas, Jelabat, dan Gurame. Setelah itu, barulah sisa Saldo akan masuk kas Masjid Baitus Shobur." Jelasnya.

Lanjut dia, terkait normalisasi, maka akan dilakukan oleh Dinas terkait, termasuk pembelian bibit Ikan yang akan dimulai pada Januari - Februari 2022, karena tugas kepanitiaan hanya sampai di pemanenan saja.

"Semua hasil peremajaan panen Ikan ini sudah kita laporkan kepada Pemerintah Kabupaten setempat, yang mana memang peremajaan ini juga merupakan hasil kesepakatan dan arahan dari pak Bupati karena melihat keadaan Kolam yang sudah harus dilakukan normalisasi." Tuturnya.

Untuk diketahui, jelas dia, panen yang dilakukan tersebut dijual sebagian kepada pemborong sekitar 3 Ton, dan sisanya dijual kepada masyarakat umum, juga ada yang dipilih khusus Ikan Mas dan Patin untuk pemijahan oleh Dinas Perikanan yang nantinya untuk kembali ditebar di Kolam Islamic. Dan dari peremajaan ini, tidak semua dipanen, melainkan sebatas pengurangan isi Kolam saja.

"Diperkirakan masih ada sekitar 2 Ton lebih berbagai jenis Ikan yang kembali di tebar di Kolam untuk menjaga Icon Islamic Center Tubaba tersebut. Dan Diharapkan dari kegiatan ini, dapat memberikan manfaat." Imbuhnya.

Berdasar pantauan langsung suaralampung.com, turut hadir pada rapat tersebut Dinas PUPR, Perikanan, Pengurus Masjid, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan elemen lainnya yang tergabung dalam unsur kepanitiaan. Dan dalam acara Tasyakuran itu, dilaksanakan pula pembagian 28 paket Sembako beserta santunan kepada masyarakat kurang mampu di lingkungan sekitar Komplek Islamic Center. (Rilis)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hasil Panen Kolam IC Tubaba Mencapai 8,163 Ton.

Trending Now

Iklan

iklan