ITERA Gelar Wisuda Sekaligus Luncurkan Mobil Desa Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni CEPOV ITERA-1

Iklan

ITERA Gelar Wisuda Sekaligus Luncurkan Mobil Desa Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni CEPOV ITERA-1

Redaksi
Sabtu, Maret 26, 2022 | 15:04 WIB 0 Views Last Updated 2022-03-28T13:36:32Z

Suaralampung.com, Bandarlampung — Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar wisuda langsung perdana selama pandemi Covid-19, dengan meluluskan sebanyak 300 lulusan program sarjana dalam Sidang Terbuka Institut Teknologi Sumatera Wisuda Periode Ke-10 Tahun 2022, Sabtu, 26/03/2022.

Dalam wisuda kali ini, lebih dari 200 wisudawan beserta orang tua hadir di pelataran Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagian wisudawan yang berhalangan hadir secara langsung, tetap mengikuti prosesi secara dalam jaringan. 

Dalam wisuda ke-10 tersebut, ITERA juga meluncurkan Mobil Desa Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni karya ITERA atau diberi nama Combustion Engine Palm Oil Vehicle (CEPOV) ITERA 1. Mobil yang dibuat oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin ITERA ini memanfaatkan minyak nabati sebagai bahan bakar untuk menggantikan bahan bakar fosil.

Selain itu, dalam wisuda kali ini juga turut disampaikan pidato secara daring oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc., yang menekankan pentingnya aktivitas riset dan inovasi yang harus dilakukan seluruh sivitas akademika ITERA.

Dalam pidatonya, Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menyampaikan rasa syukur karena dapat menyelenggarakan wisuda secara langsung perdana selama Pandemi Covid-19. Hal ini tentunya dilakukan dengan melihat situasi yang semakin berangsung membaik.

Rektor juga menyebutkan berbagai upaya penanganan Covid-19 dilakukan di ITERA dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak. Seperti dalam upaya percepatan vaksinasi dosen, tenaga kependidikan hingga mahasiswa yang diadakan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan, hingga Kepolisian Daerah Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor ITERA juga menyampaikan rasa bangga dan syukur atas pencapaian yang diraih para wisudawan yang dinilai tetap produktif meski dalam situasi pandemi yang sulit, hingga akhirnya dapat menyelesaikan studi dengan berbagai prestasi dan capaian.

"Kami yakin dengan berbagai bekal ilmu dan keterampilan yang saudara dapat dan tempaan yang telah saudara-saudara alami selama masa perkuliahan, menjadi bekal tersendiri untuk mampu memberi kontribusi yang besar dalam pembangunan negeri ini," ujar Rektor.

Rektor berharap, lulusan ITERA bisa menjadi agen perubahan dengan ide-ide kreatif dan inovatif di bidang sains dan teknologi, sehingga dapat menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang mampu membawa perubahan ke arah lebih baik dan memiliki daya saing global dalam memajukan bangsa Indonesia khususnya Pulau Sumatera.

Sebagai bekal selama perkuliahan, Rektor menekankan ITERA berkomitmen mendukung dan melaksanakan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ITERA Gelar Wisuda Sekaligus Luncurkan Mobil Desa Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni CEPOV ITERA-1

Trending Now

Iklan

iklan