Rutan Kelas I Bandarlampung Luncurkan Inovasi Alat Kontrol Petugas Untuk Meningkatkan Keamanan

Iklan

Rutan Kelas I Bandarlampung Luncurkan Inovasi Alat Kontrol Petugas Untuk Meningkatkan Keamanan

Redaksi
Sabtu, April 09, 2022 | 17:01 WIB 0 Views Last Updated 2022-04-12T15:47:30Z

Suaralampung.com, Bandarlampung — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandarlampung meluncurkan empat inovasi dalam rangka meningkatkan keamanan yakni untuk melakukan inovasi perubahan dari akses masuk hingga di area dalam Rutan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Rutan kelas I Bandarlampung, Iwan Setiawan saat ditemui di Bandarlampung, Sabtu (09/04)

Karutan menjelaskan, bahwa perubahan yang ada di Rutan sebagai penambahan keamanan dan kenyamanan bagi warga binaan dan pegawai Rutan. 
Iwan menerangkan, inovasi lainnya terkait pengamanan baru ada empat yakni Kamera pintu, gate otomatis, alat kontrol petugas serta aplikasi Sirubal Sigap dan ruang pojok rekreasi.

Menurutnya, penambahan dari luar, seperti pintu masuk dibuat secara otomatis bukan manual lagi, dan saat akan memasuki Rutan ada bel yang langsung berkoneksi dengan kamera dalam "Jadi kita tahu siapa yang akan masuk ke dalam Rutan," kata Iwan saat diwawancara media. Sabtu (09/04) 

Kemudian ada jalur khusus untuk disabilitas, yang dibuat nantinya bagi pengunjung. "Jalur disabilitas ini di khususkan untuk pengunjung warga binaan atau saudara-saudara kita yang memang kesulitan untuk berjalan, makanya jalur ini dibuat dengan harapan bisa membantu para disabilitas," ungkapnya. 

Selain itu, sambung Karutan, pojok rekreasi juga menjadi salah satu tempat hiburan atau kenyamanan bagi warga binaan dan pegawai Rutan. "Pojok rekreasi ini di buat untuk para napi atau pegawai yang ingin bermain musik agar mereka nyaman berada di Rutan dan untuk pegawai setidaknya mereka betah berada di kantor, karena ada nya alat band musik dapat menghilangkan rasa jenuh usai mereka bekerja," kata Iwan Setiawan.

Ia berharap, dengan adanya pojok rekreasi, para warga binaan dan pegawai bisa berlatih atau memiliki band sendiri. "Adanya pojok rekreasi, mudah-mudahan dapat mengasah kemampuan atau ketrampilan  narapidana dan pegawai dalam bermain musik dan mudah - mudahan menambah keamanan dilingkungan Rutan," tutur Karutan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rutan Kelas I Bandarlampung Luncurkan Inovasi Alat Kontrol Petugas Untuk Meningkatkan Keamanan

Trending Now

Iklan

iklan