BIN Dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan Sinergi Cegah Sub-Varian Omicron Dengan Vaksinasi Covid-19

Iklan

BIN Dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan Sinergi Cegah Sub-Varian Omicron Dengan Vaksinasi Covid-19

Redaksi
Rabu, Juli 06, 2022 | 20:30 WIB 0 Views Last Updated 2022-07-07T02:08:22Z


Way Kanan – Badan Intelijen Negara Daerah Lampung bersinergi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga Kabupaten/Kota serta Puskesmas di daerah, untuk peningkatan cakupan vaksinasi Covid-19 di 15 Kabupaten/Kota Provinsi Lampung. Vaksinasi ditingkatkan untuk semua kategori usia masyarakat, meliputi remaja, dewasa dan lansia. Sementara, saat ini telah muncul varian baru yakni Omicron BA.4 dan BA.5. Binda Lampung berupaya mencegah penyebaran varian baru Covid-19 tersebut dengan penguatan herd immunity (kekebalan kelompok).


“Presiden Joko Widodo memerintahkan BIN untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dengan target seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo tersebut, Kepala BIN Bapak Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H. M.Si memerintahkan seluruh Binda untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dengan target 40 juta dosis di seluruh Indonesia, termasuk Binda Lampung dengan jumlah 1.440.000 cakupan vaksinasi hingga akhir tahun 2022,” ujar Kabinda Lampung Iwan Satriawan.


Kabinda Lampung menjelaskan bahwa saat ini sudah muncul varian baru Omicron yang dinamai BA.4 dan BA.5 di Indonesia, sedangkan di Provinsi Lampung masih belum ditemukan. Binda Lampung tetap mengantisipasi munculnya varian tersebut ataupun varian lain yang lebih berbahaya. Hal ini mendorong Binda Lampung untuk meningkatkan cakupan vaksinasi terutama pada vaksin ketiga (Booster) yang capaiannya masih rendah di Provinsi Lampung.


“Pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker saat berada di luar terbuka yang tidak ramai, tetapi vaksinasi terus kita lakukan agar kualitas herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat semakin meningkat, dan Alhamdulillah untuk Provinsi Lampung sudah mencapai target dari Presiden yaitu vaksin kedua sebesar 72,59 persen, sedangkan vaksin ketiga masih 13,16 persen. Kita harus kejar capaian vaksinasi ketiga, yang menjadi poin mendasar dalam proses transisi pandemi ke endemi dengan harapan masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman di masa kehidupan semakin mendekati normal saat ini,” kata Kabinda Lampung.


“Binda Lampung mengharapkan, masyarakat di Provinsi Lampung menyadari pentingnya vaksinasi Covid-19 hingga booster dan kepatuhan penerapan prokes selama masa transisi ini. Setidaknya dengan memakai masker di dalam ruangan atau pada tempat keramaian dan mencuci tangan,” tutup Iwan Satriwan Kabinda Lampung.


Peningkatan cakupan vaksinasi di Kabupaten Way Kanan masih terus berjalan untuk tercapaianya herd immunity pada masyarakat mengingat menjelang pelaksanaan tahun ajaran baru dan hari raya Idul Adha yang diharapkan dapat terlaksana secara normal kembali. Peningkatan cakupan dilaksanakan dengan sinergitas Perangkat Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan hingga tingkat Kampung dengan didukung pihak Kepolisian dan TNI di hingga tinggat Polsek dan Koramil sehingga optimalnya capaian vaksinasi di Kabupaten Way Kanan. Kabupaten Way Kanan melaksanakan vaksinasi berkala ditiap Balai Kampung serta gerai vaksinasi ditiap Puskesmas di Kabupaten Way Kanan yang siap melayani masyarakat.


Peningkatan cakupan vaksinasi khususnya booster akan terus dilakukan, terlebih dengan adanya pemberlakuan syariat untuk pelaku perjalanan dan kegiatan masyarakat untuk wajib vaksinasi dosis III atau booster.


Berdasarkan data Kemenkes, vaksinasi booster terbukti mampu meningkatkan kadar antibodi. Berdasarkan hasil sero survei Maret, 99 persen populasi di Indonesia sudah memiliki antibodi. Masyarakat sudah memiliki antibodi di level 3.000, 4.000-an. Akhir tahun capaian vaksinasi7 diharapkan terus naik, yang dapat berdampak baik pada penerapan kebijakan protokol kesehatan. Pada bulan Juli ini tahapan sero survey ketiga akan dilaksanakan yang hasilnya akan dijadikan salah satu pertimbangan kebijakan pemerintah kedepan.


Masyarakat Kabupaten Way Kanan mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Kepala BIN, Bapak Kabinda Lampung, Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaedi, dan Bapak Bupati Way Kanan, karena sudah terfasilitasinya vaksinasi dosis satu hingga booster untuk masyarakat Kabupaten Way Kanan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BIN Dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan Sinergi Cegah Sub-Varian Omicron Dengan Vaksinasi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan