Bangunan Swakelola Tipe IV di Batu Ampar Terindikasi Kurang Berkualitas

Iklan

Bangunan Swakelola Tipe IV di Batu Ampar Terindikasi Kurang Berkualitas

Redaksi
Sabtu, September 24, 2022 | 14:42 WIB 0 Views Last Updated 2022-09-28T16:25:46Z

Suaralampung.com - Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Bidang Pertanian Kabupaten Tulang Bawang berupa Pembangunan Lumbung Pangan, Rumah RMU dan Bed Dryer, serta Pembangunan Jemur yang dikerjakan Gapoktan Tani Karya secara Swakelola Tipe IV, diduga kurang berkualitas dan bermasalah. Sabtu (24/ 09)

Pasalnya, pembangunan senilai ratusan juta rupiah di kampung Batur Ampar kecamatan Gedung Aji Baru ini terindikasi menggunakan besi tulangan bukan standart pemerintah, yang mana semestinya menggunakan besi tulangan ukuran 12 milimeter namun yang digunakan besi ukuran 10 milimeter.

Bukan hanya besi tulangan saja, besi kolong cincin standar bangunan pemerintah semestinya memakai besi ukuran 8 milimeter, akan tetapi pada bangunan dimaksud menggunakan besi ukuran 6 milimeter, yang mana jarak kolong cincin standar pemerintah semestinya 15 centimeter namun pada pembangunan dimaksud jarak yang digunakan berjarak 26 cm - 30 centimeter. Kuat dugaan bagunan tersebut tidak akan kokoh dan bertahan lama, lantaran tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Menyikapi hal tersebut, Bunyamin (PPTK) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Dinas Ketahanan Pangan, membenarkan jika kegiatan tersebut dilakukan secara swakelola, Ia pun menegaskan bila kegiatan itu telah sesuai RAB.

"Kalau di RAB nya memang besi ukuran 10, dan itu kita lihat dilapangan. Sementara terkait kolong cincinnya apa menggunakan besi ukuran 6 atau 8, saya lupa. Dan menurut keterangan mereka baik pendamping desa, atau Tim Tekhnis kami (Firdaus dari Dinas P.U, dan Ondi) itu sudah sesuai RAB semua". Kilahnya Bunyamin pada awak media (Jon)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bangunan Swakelola Tipe IV di Batu Ampar Terindikasi Kurang Berkualitas

Trending Now

Iklan

iklan