Peringatan Maulid, Karutan Kelas I Bandarlampung Ajak Petugas dan WBP Ikuti Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Iklan

Peringatan Maulid, Karutan Kelas I Bandarlampung Ajak Petugas dan WBP Ikuti Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Redaksi
Jumat, Oktober 14, 2022 | 17:53 WIB 0 Views Last Updated 2022-10-14T11:32:36Z

Suaralampung.com, Bandarlampung — Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Bandarlampung beserta seluruh Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) beragama muslim menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijiriah Tahun 2022 yang dilaksanakan di Masjid Miftahul Jannah Rutan Kelas I Bandarlampung, Jumat (14/10/2022)

Kepala Rutan Kelas I Bandarlampung, Iwan Setiawan mengatakan kegiatan ini sebagai untuk mengajak seluruh warga binaan mengikuti keteladanan Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan Ustadz Kondang Suparman Abdul Karim selaku pemberi ceramah. Meski berada di dalam Rutan, seluruh WBP masih bisa melaksanakan kegiatan kerohanian dan pelaksanaan kegiatan kerohanian pun selalu diikuti oleh seluruh Petugas dan warga binaan. 

Selain untuk menjaga keamanan, petugas juga diharuskan untuk berbaur dengan seluruh WBP.  "Petugas menggelar kegiatan Maulid Nabi SAW dengan menghadirkan Ustadz Suparman sebagai pengisi ceramah dengan tujuan para WBP ini dapat mengikuti keteladanan Nabi kita Nabi Muhammad SAW," tutur Iwan saat diwawancara media. 

Untuk itu, lanjut Karutan, seluruh warga binaan diharapkan dapat menjadi manusia setelah bebas menjani masa tahanannya dan tidak mengulangi kesalahan kembali. "Pesan saya buat warga binaan adalah, mereka tidak selamanya berada di dalam Rutan, karena mereka nantinya bakal kembali layaknya warga biasa di masyarakat, mudah - mudahan dengan adanya kegiatan ini mereka akan lebih baik lagi," ungkapnya

Sementara, Ustadz Suparman mengungkapkan, jika kehadiran dirinya sebagai salah satu untuk memberikan motivasi agar narapidana dapat mengikuti jejak Nabi SAW. "Kita menyampaikan keteladanan Nabi SAW yang di kedepankan adalah aklak yang cenderung untuk memotivasi hari ini ke utamaan menjadi umat Nabi SAW," unkapnya.

Ia menambahkan, selama menjadi pengisi ceramah, dirinya sangat terkesan jika mengisi didalam Rutan atau lapas. "Mereka sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini, karena pengalaman saya ceramah ini paling enak di lapas dan di Rutan , karena mereka ada di titik terendah berada dalam Rutan," kata dia.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan Maulid, Karutan Kelas I Bandarlampung Ajak Petugas dan WBP Ikuti Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Trending Now

Iklan

iklan