Untuk mendukung Transformasi Digital Kadisdibud way kanan buka Workshop Pemanfaatan Rumah belajar.

Iklan

Untuk mendukung Transformasi Digital Kadisdibud way kanan buka Workshop Pemanfaatan Rumah belajar.

Redaksi
Senin, Oktober 24, 2022 | 19:43 WIB 0 Views Last Updated 2022-10-24T12:44:07Z

Baradatu (24 Oktober 2012) 
Suara Lampung. Com. 

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin penting seiring dengan perkembangan zaman menyongsong abad ke 21. TIK menjadi elemen dasar dalam kehidupan manusia di muka bumi ini.

Untuk itu, menyongsong Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 tingkat Kabupaten dan PGRI Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan Workshop secara daring dengan tema Pemanfaatan Rumah Belajar Untuk Mendukung Transformasi Digital bersama Sahabat Rumah Belajar (SRB) Provinsi Lampung yang dikuti 250 an guru dari berbagai jenjang di Kabupaten Way Kanan.  Guru menjadi sosok penting yang harus dibekali agar dapat menguasai TIK. Penerapan TIK di sekolah diyakini dapat terselenggara pendidikan yang bermutu.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Way Kanan Machiavelli Herman Tarmizi yang membuka kegiatan daring tersebut mengatakan bahwa  Workshop Pemanfaatan Rumah Belajar Untuk Mendukung Transformasi Digital selama dua hari (24-25/10/22)  ini dapat mempraktikkan ilmunya dan menularkan kepada guru yang lain.

" Kegiatan ini sangat penting sekali dalam meningkatkan kapasitas guru di era teknologi informasi dan PGRI Way Kanan menginisiasi kegiatan ini agar sekiranya guru-guru yang ada di Kabupaten Way Kanan dapat mengikuti dengan serius. Dan rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru, peserta didik dan masyarakat untuk mendapatkan sumber belajar. Portal ini menyediakan bahan ajar serta fasilitas komunikasi antar komunitas pendidikan",ujar Velly.

Salah satu pemateri dalam kegiatan workshop tersebut Valentina Dewi yang juga SRB Provinsi Lampung tahun 2022 dan guru dari SDS Bhakti Baradatu menjelaskan bahwa  portal rumah belajar juga berisi bahan belajar untuk guru, bahan belajar untuk siswa, bank soal dan katalog pembelajaran. Ditambahkan pula bahwa Rumah belajar ini merupakan portal resmi Kemendikbud yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekom) dengan alamat : url http://belajar.kemendikbud.go.id.

Hadir dalam workshop tersebut Ketua PGRI Provinsi Lampung Drs. M.Ilyas Efendi, MM menerangkan bahwa program workshop ini sangat bermanfaat bagi guru dan PGRI memberikan ruang dalam kontribusi dalam menambah pengetahuan guru khususnya di era digital, "Kita ingin semua guru harus mampu memanfaatkan teknologi informasi ini untuk pembelajaran. Untuk itu kegiatan yang dilakukan PGRI Way Kanan sangat baik sekali dan mendatangkan 5  narasumber dari Sahabat Rumah Belajar (SRB) yang merupakan guru dari Way Kanan dalam melatih guru memanfaatkan rumah belajar guna menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan", jelas Ilyas.

Kegiatan workshop ini berlangsung dua hari 
Tindak lanjut dari workshop ini akan ada penugasan terstruktur dengan moda in-on dan peserta diharapkan dapat berimprovisasi dan berinovasi untuk menciptakan bahan ajar yang menarik berbasis digital.
(M'tayib) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Untuk mendukung Transformasi Digital Kadisdibud way kanan buka Workshop Pemanfaatan Rumah belajar.

Trending Now

Iklan

iklan