Way kanan miliki beberapa Pahlawan dan Toko-Tokoh Nasional.

Iklan

Way kanan miliki beberapa Pahlawan dan Toko-Tokoh Nasional.

Redaksi
Senin, Oktober 24, 2022 | 12:28 WIB 0 Views Last Updated 2022-10-24T05:28:37Z

Way Kanan. Suara lampung. Com
.(SMSI)

Adanya percakapan di Grup WhatsApp  Way Kanan Ramik Ragom dari tokoh-tokoh Seniot Asal Way Kanan tentang orang yang berjasa dan menpunyai prestasi di luar Daerah , tapi makan kan di Taman Makan Pahlawan Bandar Lampung.

Berawal dari status Hi.Djonis Idris Ketua DPRD Way Kanan Periode 1999-2009 yang ditujukan kepada.Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan ,.agar nama tokoh.pejuang zaman dahulu yang dimakamkan di Tamam makam pahlawan agar diabadikan di salah satu  Jalan di Ibu Kota Kabupaten Way Kanan Kelurahan Blambangan Umpu.

Hal ini setelah mendengarkan penjelasan dari Mayjend Purn Ali Fatan yang merupaka  Putra dari  Abdul Karim Jalali Gelar Tuan Poekoek Mega sering disingkat AKT  Poekoek Mega yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bandar Lampung. SENIN (24/10)

Menurut Hi Djonis Idris , Abdul Karim Jalali Gelar Tuan Poekoek Mega sering disingkat AKT  Poekoek Mega  bukan camat BBU tapi orang Way Kanan  pertama yang jadi camat di Lampung ,  Camat yg lain baru setelah orde.baru. 

Camatnya mulai Kedondong- Telukbetung Utara,- Padangratu yg paling lama 10 Tahun  baru Tanjungkarang Timur pensiun Wedana dikantor Walikota Bandat Lampung. di Taman Makam Pahlawan  ditulis Pensiun Wedana/Veteran. 

Hal ini juga dibenarkan oleh Mayjend TNI Purn Ali Fatan Putra Abdul Karim Jalali Gelar Tuan Poekoek Mega sering disingkat AKT  Poekoek Mega , Ayahnya menjadi camat Kedondong tahun 1953 Sampai tahun 1957 , lalu  pindah dari Kalianda tahun 1953 ke Kedondong jadi Camat dan Prengsewu saat itu masih desa  dibawah Kecamatan  Kedondong.

Salah satu Putra Terbaik Way Kanan Mayjend TNI Purn Ali Fatan juga mengucapkan banyak terima kasih  atas informasi para tokoh-tokoh dari Way Kanan  yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan  Bandar Lampung.
Selain itu juga beliau memberitaukan  Ada juga Tokoh Nasional yang dimakam di Taman Pahlawan Kalibata Jakarta Jend Musanif Ryacudu. Dan Tokoh asli dari Way Kanan Jenderal Ria Mizar Ryacudu.

" Semoga pahlawan-pahlawan serta tokoh-tokoh  yang berasal dari Way Kanan bisa di catat oleh Pemkab ." Pungkasnya.

Adanya juga informasi dari Rusmadi ,dia menberikan  informasi  bahwa orang tuanya H. Raden Asnawi  pensiunan  Transad Transmigrasi angkatan darat  tahun 1964 dimakam di  TMP  Transad Pomcowati tahun 1992.

Begiti juga dengan Candra memberikan informasi bahwa Bakas/kakeknya  Djalaudin Gelar Sutan Alamsyah dari Baradatu, Tahun 1960 menjadi Camat pertama Padang Cermin setelah itu menjadi Kepala Negeri Pertama Umpu Besay.

" Djalaludin kelahiran 1909,Sejak tahun 1925 sampai tahu 955 Pejuang Kemerdekaan RI, tahun  1956 tidak nelanjutkan menjadi tentara memilih sipil," imbuhnya.

" Beliau seangkatan dan temen akrab Haji Moehlisin mertua Subki E Harun. Djalaludin seorang Veteran pejuang kemerdekaan,ada SK dan Gaji, pada saat wafat tidak di izinkan ahli waris di makamkan di TMP,." Pungkas Candra.

Dukungan setuju 1000 x %  untuk para pahlwan berasal dari Bumi Ramik Ragom Way  Kana dari    Irjen. Pol. (Purn.) Dr. H. Ike Edwin, S.I.K., S.H., M.H., M.M. yang akrab di panggil.Dang Ike Edwin.

Menurutnya , sangat banyak nama yang bisa dan menjadi saksi sejarah buat Lampung dan Kabupatrn Way Kanan buat generasi selanjutnya dan mereka bangga bahwa bumi Way Kanan juga lahir orang-orang besar dan hebat sebagai motivasi generasi muda .

Irjen. Pol. (Purn.) Dr. H. Ike Edwin, S.I.K., S.H., M.H., M.M, memnerikan contoh diantaranya Nama-nama. pendiri asal usul Bumi Way Kanan seperti 5 kebuwayan yang ada, Nama - nama para pahlawan asal Way Kanan dam juga nama tokoh penting seperti  Wagub Lampung Hi.Subkie E Harum  dll.

Dang Ike juga menyatankan agar Pemkab Mempersiapkan nantinya nama-nama.mantan Bupati dan.Wakil Bupati  Way kanan untuk periode yang lalu dan  20 tahun kedepan Pengenalan nama-nama pahlawan dan juga Tokoh yang berasal dari Bumi Ramik Ragom Way Kanan perlu di catat oleh Pemkab sebagai catatan sejarah untuk dikenalkan kepada anak cucung sekaligus menjadi motivasi mereka untuk kedepan.

Ingat Bangsa yang besar tidak akan pernah melupakan jasa-jasa dari pejuang dan tokoh pendiri serta pelopor pembangunan .(Tim.SMSI WK)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Way kanan miliki beberapa Pahlawan dan Toko-Tokoh Nasional.

Trending Now

Iklan

iklan